Socrates: Bisnis Homestay Lebih Mudah dari Hotel, Lebih Nyaman Dibanding Kontrakan

Ilustrasi Homestay (Foto: pegi-pegi)
Ilustrasi Homestay (Foto: pegi-pegi)

SURYAKEPRI.COM – Membuka usaha homestay ternyata bisa mendatangkan keuntungan menggiurkan, asalkan dikelola dengan konsep yang menarik.

Pengelolaan homestay tidak begitu ribet seperti yang dibayangkan masyarakat. Pengurusan izin hanya ke kelurahan dan keccamatan setempat, karena usaha ini sifatnya mengontrol tamu yang menginap di homestay.

Salah satu pemilik homestay di Kota Batam, Socrates mengatakan, homestay merupakan penginapan dengan fasilitas lengkap, karena tidak hanya fasilitas tempat tidur saja yang diberikan.

“Rumah itu tidak meski kamar. Rumah didesain menarik dengan model minimalis dan mempunyai fasilitas tempat tidur, meja makan, ruang tamu, tv satelit, wifi, dan fasilitas lainnya,” kata Socrates.

Kota Batam yang merupakan kota bisnis, berdekatan dengan negara tetangga, merupakan tempat strategis untuk membuka homestay, karena wisatawan asal luar negeri lebih nyaman tinggal di homestay ketimbang di hotel.

Untuk tinggal di homestay, penghuni tidak perlu memasak, karena pemilik homestay sudah menyajikan makan dengan menu bervariasi untuk makan siang, malam, maupun pagi.

“Harga per orang dalam satu hari Rp 150 ribu sudah dikasih sarapan. Jadi jauh lebih ringan dari hotel. Ruangan lebih lega, karena bukan hanya kamar,” ujar pria yang juga seorang wartawan senior itu.

Diminati Turis