Wabah Corona Mempersatukan Presiden Xi Jinping dan Donald Trump

Presiden AS Donald Trump dan bPresiden China Xi Jinping (Foto: Washington Post)
Presiden AS Donald Trump dan bPresiden China Xi Jinping (Foto: Washington Post)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BEIJING, SURYAKEPRI.COM -Wabah virus corona baru (2019-nCoV) telah menelan lebih dari 800 jiwa, tetapi mampu mempersatukan dua pemimpin negara adidaya. Presiden China Xi Jinping menelepon Presiden AS Donald Trump, Jumat (7/2/2020) pagi.

“Sejak pecahnya epidemi virus corona baru, pemerintah China dan semua elemen masyarakat telah berjuang habis-habisan untuk memerangi penyakit ini,” kata Xi kepada Trump lewat saluran telepon.

China, lanjutnya, telah melakukan mobilisasi nasional, respon cepat secara menyeluruh, mengadopsi langkah-langkah pencegahan dan kontrol yang paling komprehensif dan ketat, serta meluncurkan perang rakyat melawan epidemi.

Memperhatikan bahwa upaya Tiongkok secara bertahap memberikan hasil positif, Xi menekankan bahwa China memiliki kepercayaan diri dan kemampuan penuh untuk mengatasi epidemi dan bahwa Tiongkok dapat  mempertahankan tren ekonomi  dan pertumbuhan jangka panjang tidak akan berubah.

Xi menunjukkan bahwa China berdedikasi untuk melindungi kehidupan dan kesehatan, tidak hanya rakyatnya sendiri, tetapi juga masyarakat di seluruh dunia.

Dengan sikap terbuka, transparan, dan bertanggung jawab, China telah menjaga Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) serta negara dan wilayah terkait, termasuk Amerika Serikat, mengabarkan (secara terbuka) epidemi tersebut, mengundang WHO dan pakar lainnya untuk melakukan kunjungan lapangan di Wuhan, pusat penyebaran wabah itu di China.

Dia menambahkan bahwa China di garis terdepan melakukan pencegahan dan pengendalian terhadap epidemi ini, dan langkah-langkah respon yang tepat waktu, tegas, dan efektif telah sangat dihargai oleh WHO dan banyak negara.

Memerhatikan bahwa China dan Amerika Serikat telah mempertahankan komunikasi mengenai pencegahan dan pengendalian epidemi, Xi mengatakan kepada Trump bahwa ia menghargai komentar positif Trump atas upaya China dalam berbagai kesempatan, dan berterima kasih atas pasokan yang disumbangkan oleh berbagai lapisan masyarakat AS.

Dia menekankan bahwa negara-negara di seluruh dunia perlu menyatukan upaya mereka untuk memerangi epidemi, dan bahwa pencegahan dan pengendalian wabah coronavirus baru saat ini berada pada tahap penting.

Mengulangi seruan yang telah berulang kali dibuat WHO dari perspektif profesional bagi semua negara untuk menghindari reaksi berlebihan, Xi mengatakan China berharap bahwa Amerika Serikat akan menilai epidemi dengan tenang, dan mengadopsi serta menyesuaikan langkah-langkah responsnya dengan cara yang masuk akal.

Kedua belah pihak, lanjutnya, dapat menjaga komunikasi, memperkuat koordinasi dan bekerja sama untuk mengatasi epidemi.

Trump Siap Kirim Ahli AS  

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.