Virus Corona:
Tahjo Kumolo Sebut SAKIP untuk Wujudkan Reformasi Birokrasi

Tjahjo Kumolo.
Tjahjo Kumolo.
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, SAKIP merupakan langkah konkrit untuk wujudkan reformasi birokrasi melalui pengelolaan anggaran secara efektif dan efisien.

Kata Tjahjo,  setiap tahun Kementerian PAN-RB melaksanakan evaluasi terhadap SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) terhadap seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk mengukur perkembangan implementasinya serta melakukan pembinaan yang berkesinambungan di seluruh instansi pemerintah.

“Evaluasi yang telah dapat memetakan instansi pemerintah pada beberapa kategori. Pengkategorian  yang dilakukan bukan sekedar untuk menilai instansi pemerintah, namun untuk memetakan tingkat implementasi manajemen kinerja masing-masing instansi pemerintah, sehingga memudahkan proses perbaikan dalam implementasi SAKIP,” jelas mantan Menteri Dalam Negeri itu di Hotel Radison, Batam, Kepulauan Riau, Senin (1/2/2020).

SAKIP itu semacam rapor yang dicapai oleh setiap level pemerintahan dan instansi. Kata  Tjahjo, Kementerian PAN-RB juga memberikan rekomendasi dalam rapor tersebut, agar setiap pemerintah daerah mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran agar sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan demi kesejahteraan masyarakat.

Penyerahan hasil evaluasi SAKIP pemerintah kabupaten/kota wilayah I, tersebut meliputi wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatra Selatan, Banten, dan Jawa Barat. Dengan total 185 pemda yang terdiri atas 11 provinsi dan 174 kabupaten dan kota.(*)

Editor: Eddy Mesakh

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.