BPJS Ketenagakerjaan Sudah Pendekatan Sebelum Laporkan 15 Perusahaan di Batam

Foto ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan. (PrtSc)
Foto ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan. (PrtSc)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BATAM, SURYAKEPRI.COM –  BPJS Ketenagakerjaan Batam telah melaporkan 15 perusahaan ke Kejaksaan Negeri Batam. Belasan perusahaan itu menunggak iuran premi mencapai Rp2,4 miliar.

Laporan tersebut dibuat setelah berbagai pendekatan yang dilakukan Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan tidak membuahkan hasil.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Batam, Surya Rizal mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya kepada 15 perusahaan tersebut hingga akhirnya mengambil langkah hukum dengan melaporkan mereka ke pihak Kejari Batam.

“Wah sudah banyak yang kita lakukan. Mulai dari SP 1, SP 2, kunjungan, dan lainnya,” kata Surya di Batam, Rabu (12/2/2020).

Surya menjelaskan, banyak alasan yang disampaikan oleh pihak perusahaan yang mengakibatkan penunggakan iuran tersebut.

“Ada juga alasannya karena kondisi perusahaan tengah mengalami kesulitan keuangan. Tapi lebih lengkapnya ke petugas Wasrik (Pengawasan dan Pemeriksaan) saya saja ya,” katanya.

Senada dengan Surya, Pesta Badia Raja Siahaan, petugas Wasrik BPJS Ketenagakerjaan Batam menjelaskan, pihak BPJS Ketenagakerjaan memiliki bagian pembina perusahaan yang pertama kali melakukan pembinaan ke perusahaan saat menunggak dengan cara melayangkan sura pemberitahuan dan melakukan kunjungan.

“Selanjutnya, dari pembina perusahaan diserahkan ke bagian pengawasan dan pemeriksaan. Petugas pemeriksan memproses dengan mengeluarkan surat peringatan pertama dan kedua, melakukan kunjungan atau melalui telepon. Bila tidak ada progress, maka kita tindaklanjuti dengan bantuan pihak ketiga,” kata Badia.

Badia menjelaskan, pihak BPJS Ketenagakerjaan akan mengeluarkan surat peringatan pertama saat perusahaan melakukan tunggakan selama sebulan.

Surat peringatan kedua dikeluarkan saat perusahaan menunggak selama 4 bulan dan penanganan berpindah ke pihak pemeriksa saat perusahaan sudah menunggak selama 7 bulan

“Total nilai tunggakan mencapai Rp2,4 miliar,” katanya lagi.

Mengaku Kondisi Perekonomian Lemah

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.