Akibat Virus Corona Pariwisata Bintan Lesu, Kadin Bintan Cari Solusinya

pertemuan pengurus Kadin Bintan dengan Human Resources Council di ruang rapat Banyan Tree Resort Lagoi (Suryakepri.com/istimewa)

BINTAN, SURYAKEPRI.COM – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bintan mengusulkan dispensasi pembayaran pajak dan menggarap pasar domestik kepada pemerintah daerah.

Hal itu disebabkan lesunya aktivitas pariwisata akibat mewabahnya Virus Corona.

“Pengelola resort di kawasan Lagoi dan Trikora sudah merasakan lesunya aktivitas pariwisata,” kata Edi Surbakti Ketua Kadin Bintan dalam keterangan tertulisnya diterima Suryakepri.com, Kamis (13/2/2020).

Lesunya kegiatan pariwisata sekarang ini menjadi pembicaraan dan perhatian serius dalam pertemuan pengurus Kadin Bintan dengan Human Resources Council di ruang rapat Banyan Tree Resort Lagoi, Rabu (12/2/2020).

“Persoalan yang sedang dihadapi pelaku usaha pariwisata menjadi persoalan Kadin, jadi kita merasa harus mencoba untuk mengurangi beban kawan-kawan,” katanya.

“Kita akan usulkan ke pejabat terkait untuk mengurangi beban yang dihadapi managemen resort, hotel dan pengelola destinasi wisata di wilayah Kabupaten Bintan,” jelasnya.

Baca Juga: Turis Asing Cantik Tertarik Lihat Harimau Benggala Safari Lagoi Bintan

Baca Juga: Satgas Pangan Distribusikan 250 Tabung Gas Elpiji 3 Kg kepada warga Bintan

Menurut dia, salah satu solusinya saat ini adalah dispensasi pembayaran pajak atau penguatan pasar wisatawan domestik dan kebijakan kebijakan pemerintah daerah.

Selanjutnya, pemerinah pusat memberikan diskon penerbangan dan penyelenggaraan event pariwisata yang dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke Bintan.

“Ini akan kita tindak lanjuti sebagai upaya memberikan solusi bagi pelaku usaha pariwisata Bintan yang sedang mengalami dampak dari Virus Corona,” kata Edi.

“Kita akan sampaikan juga kepada Bupati Bintan dan Legislatif dalam waktu segera karena persoalan ini sangat mendesak. Kita ketahui bahwa pariwisata adalah penyumbang pendapatan asli daerah terbesar di Kabupaten Bintan,” tegasnya.

Trisno Tarmoezi selaku Koordinator Human resources Council menyambut gembira dan mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Kadin Bintan.

“Akan kita tindak lanjuti hasil pertemuan ini dengan masing-masing general manager resort yang ada,” tutup Trisno. (*)

Penulis : Muhammad Bunga Ashab|Editor: Ucu Rahman