Gunung Merapi Erupsi Setinggi 2.000 Meter

Terjadi erupsi Gunung Merapi pada Kamis (13/2/2020) pukul 05.16 WIB. Kolom erupsi teramati setinggi 2.000 meter. (foto/liputan6.com)

SURYAKEPRI.COM – Terjadi erupsi Gunung Merapi pada Kamis (13/2/2020) pukul 05.16 WIB. Kolom erupsi teramati setinggi 2.000 meter.

“Iya benar, pukul 05.16 WIB,” ujar petugas pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang, Lasiman, melalui pesan WhatsApp (WA), Kamis.

View this post on Instagram

Seorang warga Batam pelaku online shop curhat di medsos soal penerapan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 199/PMK.010/2019 tentang Ketentuan Kepabeanan, Cukai, dan Pajak atas Barang Impor Kiriman. Permenkeu itu sendiri akan berlaku pada 30 Januari 2020.⁣ ⁣ Emak-emak itu membuat seperti surat terbuka yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo, Bea Cukai, dan pihak terkait⁣ ⁣ Berikut curhatan itu, yang diedit seperlunya oleh redaksi hanya untuk merapikan bahasa.⁣ ⁣ Bapak Presiden Joko Widodo, KPU Bea Cukai Tipe B Batam, dan pihak terkait Yang Terhormat, PMK 199 yg secara serentak berlaku di seluruh Indonesia akan berlaku mulai besok 30 Januari 2019, yang mengatur Bea Masuk, PPh dan PPn yang sebelumnya 75USD baru dikenakan cukai/pajak, sekarang hanya 3USD sdh dikenakan segala bentuk cukai dan pajak2 di atas.⁣ ⁣ Kondisi ini menyulitkan, bahkan sangat memberatkan bagi kami para pelaku usaha Online Shop di Batam. Karena seharusnya berdasarkan PMK tersebut bea masuk, PPH dan PPN itu dibayarkan pada saat barang masuk ke Indonesia dari luar negeri.⁣ ⁣ Namun kasus nya berbeda untuk Batam. Barang yang keluar dari Batam ke seluruh penjuru Indonesia dikenakan segala cukai dan pajak. Kenapa? Katanya secara kepabeanan Batam disamakan dengan Luar Negeri. Apakah itu fair?⁣ ⁣ Batam adalah Kawasan FTZ dan itulah keistimewaannya Batam. Bahwa pada saat barang masuk ke Batam tidak dikenakan pajak dan cukai. Namun pada saat mau keluar dari wilayah Batam baru dikenakan pajak.⁣ ⁣ Batam adalah Indonesia, Iya kan? Itu kenapa pemberlakuan PMK ini tidak seharusnya disamakan untuk Batam. Karena kita kirim barang dari Batam yang juga Indonesia ke kota-kota lain di Indonesia.⁣ ⁣ Tapi Pak, mudah-mudahan kami adalah warga negara yang Baik. Kami siap dan bersedia untuk bayar Pajak. Tapi semua harus jelas dan masuk akal juga Pak.⁣ ⁣ Pengenaan Pajak akibat dari PMK 199 di Batam ini adalah prematur dan rancu, menurut saya. Penerapan nya seperti apa seharusnya sudah jelas dulu baru diberlakukan. Jangan kesannya maksa.⁣ ⁣ Setahu saya yang awam ini, pemotongan Pajak harus dengan SSP, SPT, dan Bukti Potong Pajak. Bagaimana pelaksanaannya itu semua. Seharusnya ada sosialisasi lebih dahulu. Nah, itu ken

A post shared by suryakepri.com (@suryakepricom) on

Baca Juga:Ternyata Polisi Juga Amankan Otak Penculikan Anak dan Tujuh Temannya

Baca Juga: Breaking News, Disperindag Batam Tangkap Tangan Penyaluran Elpiji Subsidi ke Pedagang

Berdasarkan data BPPTKG Yogyakarta, erupsi Gunung Merapi terekam di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 150 detik.

Arah angin ke barat laut. BPPTKG Yogyakarta masih menetapkan status Gunung Merapi pada level II atau Waspada. (*)

Editor: Ucu Rahman|Sumber: Kompas.com