Booming Bisnis di Lokasi Syuting Film Parasite

Sky Pizza di Seoul selatan yang menjadi lokasi syuting film Parasite. Penjualan mereka meningkat dua kali lipat (AFP/Ed JONES via cNA)
Sky Pizza di Seoul selatan yang menjadi lokasi syuting film Parasite. Penjualan mereka meningkat dua kali lipat (AFP/Ed JONES via cNA)

SEOUL, SURYAKEPRI.COM – Sukses film Parasite memenangkan empat Piala Oscar telah berdampak booming bisnis pada lokasi-lokasi syuting film Korea Selatan itu.

Ini mirip film nasional Laskar Pelangi arahan Riri Riza – adaptasi novel Andrea Hirata – yang juga membuat lokasi syutingnya di Belitung jadi terkenal juga menjadi tujuan wisata.

Tetapi “Parasite” yang meraih kesuksesan lebih besar dalam ajang penghargaan terbesar dan paling populer, memiliki dampak yang lebih hebat lagi. Lokasi-lokasi syuting film yang disutradarai Bong Joon-ho ini mengalami booming pada bisnis mereka.

Toko pizza yang jadi salah satu lokasi syuting film ini, telah meraih penjualan berlipat ganda.

Warga Korea Selatan sangat gembira dengan keberhasilannya, dengan banyak yang berkunjung ke tempat-tempat di mana adegan-adegan film itu diambil.

 

Pemilik restoran pizza Eom Hang-ki (membelakangi lensa).  Dia gembira atas keberhasilan 'Parasite' meraih Oscar yang kemudian berpengaruh terhadap bisnisnya.  (AFP/Ed JONES via CNA)
Pemilik restoran pizza Eom Hang-ki (membelakangi lensa). Dia gembira atas keberhasilan ‘Parasite’ meraih Oscar yang kemudian berpengaruh terhadap bisnisnya. (AFP/Ed JONES via CNA)

 

“Penjualan meningkat dua kali lipat,” kata Eom Hang-ki (65), pemilik Sky Pizza di Seoul selatan, sebuah restoran 10 kursi yang tidak mencolok.

“Kemarin, mesin pizza mogok karena kelebihan pesanan,” imbuh Hang-ki.

Di kedai pizza, keluarga Kim yang miskin terinspirasi pada saus tomat berwarna merah seperti darah, yang kemudian dijadikan trik untuk memfitnah asisten rumah tangga keluarga Park yang kaya. Asisten itu difitnah mengidap penyakit TBC.

“Itu istimewa, menyentuh, dan menghangatkan hati ketika mereka memenangkan penghargaan,” ujar sang pemilik kedai.

Pelanggan kedai pizza itu, Go Jin-kyu (37), mengatakan, mengunjungi kedai pizza itu membuatnya bangga sebagai sesama warga Korea Selatan.

Minimarket Pig Rice di Seoul yang menjadi salah satu lokasi syuting film Parasite. (Foto AFP/ Ed JONES via CNA)
Minimarket Pig Rice di Seoul yang menjadi salah satu lokasi syuting film Parasite. (Foto AFP/ Ed JONES via CNA)

“Aku hanya pernah mengunjungi restoran waralaba pizza besar, jadi datang ke sini untuk lokasi film benar-benar istimewa,” kata Jin-kyu.

Pemerintah kota Seoul telah berupaya memanfaatkan fenomena Parasite, dengan memasukan empat lokasi syuting di halaman di situs web pariwisata.

Pig Rice Supermarket di Seoul barat, toko kelontong yang jadi lokasi syuting saat putra Kim minum kemudian dia menerima tawaran untuk mengajari putri Park.

Pemilik Pig Rice, Kim Kyung-soon berkata, “Saya benar-benar bahagia dan berterima kasih kepada mereka untuk membuat film yang bagus di sini dan membuat saya ikut terkenal.”

Tetapi tidak semua reaksi positif, tambah Kim, yang telah menjalankan toko selama 35 tahun. Dia mengritik rencana pemerintah kota menjadikan lokasi mereka sebagai situs pariwisata.  Dirinya khawatir lingkungan itu tidak dibangun kembali.

Film “Parasite” yang mengritik kesenjangan kaya-miskin di Korea Selatan, meraih sukses besar dengan memenangkan empat Piala Oscar, yakni Best Picture, Best Director (sutradara terbaik) untuk Bong Joon Ho, Best International Movie, dan Best Original Screenplay (Skenario Asli Terbaik).

Editor: Eddy Mesakh | Sumber: AFP/CNA