Pengaruh Solskjaer Tak Mampu Bikin Haaland Tinggalkan Dortmund

Erling Braut Haaland (Foto: Livescore)
Erling Braut Haaland (Foto: Livescore)

SURYAKEPRI.COM – Erling Haaland sudah bertekad gabung dengan Borussia Dortmund ketika Manchester United melakukan pendekatan untuk merekrutnya dari Salzburg.

Dortmund mengontrak Haaland dengan klausul rilis 22,5 juta euro dari Salzburg pada akhir Desember.

Pemain 19 tahun itu telah membela Dortmund di Bundesliga dengan penampilan gemilang. Dia telah mencetak delapan gol dari lima penampilan untuk klub Jerman itu.

Sejumlah klub top Eropa tertarik pada sang striker, termasuk Manchester United – yang dipimpin oleh mantan pelatih Haaland di Molde, Ole Gunnar Solskjaer. Tetapi Haaland mengatakan kepada Viasport bahwa dirinya sudah memilih Dortmund.

“Ole Gunnar sangat penting bagi saya untuk sampai ke tempat saya hari ini,” katanya.

“Tetapi kami menyimpulkan bahwa Dortmund adalah pilihan terbaik bagi saya. Itulah yang saya rasakandan karenanya saya memilih Dortmund.”

Ayah Haaland ikut berpengaruh dalam pengambilan keputusannya ke Dortmund. Sang ayah, Alf-Inge Haaland, adalah mantan pemain penting Leeds United dan Manchester City – musuh sekota Manchester United.

“Masalahnya adalah, ketika musim berakhir, ayah saya dan saya mulai berbicara”

“Pada saat itu dia tidak menyebut Dortmund. Lalu saya bertanya kepadanya, ‘Bagaimana dengan klub ini? Itu akan menyenangkan’. Kemudian dia berkata, ‘Kita akan lihat’.

“Tiba-tiba itu menjadi pilihan dan kemudian itulah yang saya alami saat ini.”

“Prosesnya cukup sederhana.  Saya benar-benar hanya ingin bermain sepak bola dan belum terlibat (di Salzburg) sampai paruh pertama musim berakhir.”

“Jadi, saya tidak memiliki hubungannya dengan itu, jujur ​​saja. Prosesnya adalah menemukan klub terbaik untukku.”

Haaland menepis tudingan bahwa kepindahannya ke Dortmund dimotivasi oleh uang. Dia justru memuji agen Mino Raiola karena perannya membuat proses transfer itu terjadi.

“Agak lucu jika saya mendapatkan label [serakah],” katanya.

“Semua orang yang dekat dengan saya tahu bahwa saya bukan tipe orang seperti itu. Ini benar-benar lucu.”

Soal Raiola, Haaland ktakan, “Dia yang terbaik di dunia untuk apa yang dia lakukan. Sesederhana itu.”

“Dia agen terbaik. Dia mendapat banyak tuduhan negatif dan itu mungkin karena dia melakukan pekerjaan yang hebat bagi mereka yang bekerja untuknya.”

“Dia telah banyak membantu dan dia orang yang baik.”

Kendati sudah bergabung dengan Dortmund, Haaland dikabarkan masih menjadi target Wakil CEO United Ed Woodward. Nama Erling Haaland dan rekannya di Dortmund, Jadon Sancho, maduk dalam starting XI impian Woodward. (*)

Editor: Eddy Mesakh | Sumber: Livescore