Friday, March 29, 2024
HomeLainnyaInternasionalRaja Malaysia Tunjuk Mahathir Muhammad sebagai PM Sementara

Raja Malaysia Tunjuk Mahathir Muhammad sebagai PM Sementara

spot_img

KUALA LUMPUR, SURYAKEPRI.COM – Raja Malaysia Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah kembali menunjuk DR Mahathir Muhammad sebagai Perdana Menteri sementara setelah menerima pengunduran dirinya pada Senin (24/2/2020).

Hal itu diumumkan oleh Kepala Sekretaris Pemerintah Mohd Zuki Ali.

Keputusan raja menunjuk Dr Mahathir sebagai perdana menteri sementara sampai perdana menteri baru dipilih, sesuai dengan Pasal 43 (2) (a) Konstitusi Federal Malaysia.

“Dalam periode ini, dia (Dr Mahathir) akan mengurus administrasi negara sampai perdana menteri baru dipilih dan kabinet dibentuk,” kata Mohd Zuki.

Sebelumnya, pada hari Senin, Dr Mahathir mengajukan pengunduran dirinya setelah berhenti sebagai ketua Partai Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu) di tengah spekulasi bahwa pakta baru akan dibentuk untuk menggantikan Pakatan Harapan (PH) sebagai koalisi yang berkuasa.

Ini terjadi sehari setelah Anwar Ibrahim dari Partai Keadilan Rakyat mengungkapkan bahwa ada pengkhianatan oleh mitra koalisi untuk memecah PH.

Tindakan-tindakan ini dilihat sebagai upaya untuk menghentikannya dirinya menjadi perdana menteri berikutnya, sebagaimana disepakati di antara partai-partai PH ketika mereka berkoalisi untuk kampanye melawan Barisan Nasional yang penuh skandal dalam pemilihan umum 2018.(*)

Penulis/Editor: Eddy Mesakh | Sumber: CNA

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER