Sudah 22 Orang Terinfeksi di Negeri Kanguru:
Mendahului WHO, Australia Nyatakan Covid-19 sebagai Pandemi

Presiden Indonesia Joko Widodo (kiri) dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison di Canberra. (Foto: AP via SCMP)
Presiden Indonesia Joko Widodo (kiri) dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison di Canberra. (Foto: AP via SCMP)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SYDNEY, SURYAKEPRI.COM – Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan negara itu menganggap Covid-19 sebagai pandemi, Kamis (27 Februari). Australia  melangkah lebih jauh dari WHO dalam hal ini.

Australia juga telah memperpanjang larangan bepergian ke Tiongkok maupun menutup pintu terhadap siapapun yang datang dari China.

Pemerintah Australia mengumumkan rencana tanggap darurat nasional virus corona.  Morrison mengatakan dirinya sedang mempertimbangkan “langkah-langkah tambahan” untuk memantau para pelancong yang tiba di negara itu.

Rumah sakit berada di bawah perintah untuk memastikan ada cukup pasokan medis, peralatan pelindung pribadi dan staf.

“Kami bekerja secara efektif saat ini dengan dasar ada satu – pandemi,” tegas Morrison.

“Ada setiap indikasi bahwa dunia akan segera memasuki fase pandemi virus corona,” imbuh Morrison.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak menyebut virus sebagai pandemi, bahkan ketika jumlah infeksi baru terus merebak begitu luas di luar China.

Lebih dari 2.800 orang telah meninggal di China dan 82.000 lebih orang telah terinfeksi serta lebih dari 50 kematian dan 3.600 kasus di puluhan negara lain.

Larangan perjalanan yang diperpanjang akan menjadi pukulan bagi universitas-universitas di Australia yang akan kehilangan biaya US $ 2 miliar karena puluhan ribu siswa dari China tidak dapat mengambil kelas Down Under.

Siswa yang terjebak di China “telah diberikan berbagai pilihan”, kata Catriona Jackson, kepala eksekutif Universitas Australia, yang mewakili sektor tersebut.

Mereka termasuk menunda tanggal mulai, menunda penilaian, penangguhan bebas biaya, dan mengakses konten kursus online.

Australia telah melaporkan 22 infeksi, tetapi tidak ada yang tertular atau ditularkan dari orang ke orang di dalam negeri.

Peringatan Morrison datang saat dia berjuang untuk meraih kepercayaan terhadap kepemimpinannya setelah kritik keras terhadap penanganan krisis kebakaran hutan selama berbulan-bulan.

Pemerintahnya juga terlibat dalam skandal politik yang semakin mendalam tentang penyaluran uang pembayar pajak ke daerah-daerah yang menjadi sasaran koalisi dalam pemilihan tahun lalu.

Akibatnya, seorang menteri terpaksa mengundurkan diri.(*)

Penulis/Editor: Eddy Mesakh | Sumber: AFP/CNA  

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.