Puteri Indonesia 2020 Kalimantan Tengah
Amelia Kaget Anak Ceko tak Tahu Indonesia dan Pernah Diteriaki Bodoh

Amelia Nurmawati, kontestan Puteri Indonesia 2020 asal Kalimantan Tengah (Foto: Instagram Amelia)
Amelia Nurmawati, kontestan Puteri Indonesia 2020 asal Kalimantan Tengah (Foto: Instagram Amelia)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Tak enak rasanya ketika berada di negeri asing lalu mereka sama sekali tak mengenal negara kita. Amelia Nurmawati, kontestan Puteri Indonesia 2020 asal Kalimantan Tengah, pernah merasakannya sendiri.

Amel menceritakan pengalaman tak mengenakkan yang dia alami sendiri di tahun 217 lalu. Kala itu gadis kelahiran 18 Juni 1997 ini menjadi exchange participant di Republik Ceko selama 1,5 bulan.

Di sana dirinya mempresentasikan tentang Indonesia kepada siswa dari Sekolah Dasar sampai SMA. Amel terkejut lantaran kebanyakan anak-anak sekolah itu bahkan tidak tahu di mana letak Indonesia.

Banyak yang belum pernah mendengar apa itu Indonesia. Malah ada yang mengira mahasiswi Ilmu Ekonomi di International Double Degree Universitas Brawijaya Malang, ini adalah orang Filipina atau China.

Pengalaman itu menumbuhkan semangat dalam diri Amel untuk memperkenalkan budaya dan pariwisata Indonesia kepada dunia. Dirinya ingin membangun identitas yang lebih jelas dan memperkenalkannya kepada siswa-siswi di Ceko bahwa ia adalah orang Indonesia.

Amel mulai dengan mengajarkan mereka beberapa permainan seperti bola bekel, yang mana mereka tidak pernah bermain ini sebelumnya dan mereka anggap unik. Dirinya juga membawakan berbagai souvenir seperti bendera Indonesia yang dibagikan setelah selesai materi presentasinya.

Setiap selesai memperkenalkan budaya Indonesia, mereka selalu bersemangat dan bahagia.

Amel bercerita bahwa mayoritas masyarakat Ceko itu baik dan ramah. Namun seringkali dia menerima teriakan bernada rasisme dari orang asing di jalan. Siapa sangka dirinya pernah diteriaki “asian bodoh” oleh orang asing di Ceko.

Tapi gadis 23 tahun yang sedang kuliah jurusan Marketing Business E-Commerece di University of Southern Queensland, Australia ini menjadikan itu tantangan agar bisa lebih dihargai lagi dengan cara memperkenalkan Indonesia kepada siswa di sana, bahwa Indonesia adalah negara yang hebat dan kaya.

Advokasi Veteran 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.