Saturday, June 15, 2024
HomeNatunaKKP Amankan Lima Kapal Vietnam Lagi Asyik Curi Ikan di Laut Natuna

KKP Amankan Lima Kapal Vietnam Lagi Asyik Curi Ikan di Laut Natuna

spot_img

BATAM, SURYAKEPRI.COM –  Diam-diam, aktivitas pencurian ikan di perairan Laut Natuna, Kepulauan Riau, masih berlangsung. Buktinya lima kapal Vietnam kembali tertangkap saat lagi asyik mencuri ikan di perairan tersebut pada 1 Maret 2020.

Kelima kapal asing tersebut ditangkap oleh Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan-Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Kapal-kapal tersebut diamankan bersama total 68 awak dan muatan ikan sebanyak 6 ton di setiap kapal atau totalnya mencapai 30 ton.

Dalam konferensi pers yang digelar di Pangkalan PSDKP Batam, Rabu (4/3/2020) siang, Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo mengatakan, penangkapan terhadap kelima kapal illegal fishing atau pencurian ikan tersebut dilakukan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia 711 Laut Natuna Utara.

“Aparat kita kembali berhasil melakukan penangkapan terhadap 5 kapal asing yang telah mencuri ikan di Perairan Natuna,” katanya.

Edhy menjelaskan, kelima kapal ikan asing yang berhasil ditangkap yakni KG 94376 TS, PAF 4837, KG 94654 TS, PAF 4696, dan KG 95786 TS yang keseluruhannya berasal dari Vietnam.

“Mereka akan diproses secara hukum. Dan ini buah dari operasi terstruktur yang dilaksanakan oleh lima kapal pengawas perikanan di Laut Natuna Utara yakni KP. Paus 01, KP. Hiu Macan Tutul 02, KP. Orca O1, KP. Orca 02, dan KP. Orca 03,” sebut Edhy Prabowo

“Ini juga merupakan respon KKP dalam melaksanakan arahan Presiden untuk meningkatkan pengawasan dan wujud kehadiran negara di Laut Natuna Utara,” katanya lagi.

Selain itu, Edhy juga mengatakan, peningkatan pengawasan oleh KKP juga merupakan harapan dari DPR-RI untuk menjaga Laut Natuna Utara.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua Komisi IV DPR-Rl yang menyambangi armada Kapal Pengawas Perikanan yang bermarkas di Pangkalan PSDKP Batam untuk menyampaikan dukungan agar KKP semakin meningkatkan kapasitas dan upayanya dalam memberantas ilegal fishing.

”Kami akan memperkuat pengawasan di wilayah Perairan Laut Natuna untuk memastikan bahwa kedaulatan pengelolaan perikanan tidak diganggu negara manapun. Ini sesuai dengan harapan Bapak Presiden serta DPR,” kata Edhy.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Kelautan dan Perlkanan juga menyampaikan apresiasi kepada para nakhoda Kapal Pengawas Perikanan yang telah berhasil menangkap kapal ikan asing pelaku illegal fishing tersebut.

”Saya sangat mengapresiasi semangat, keberanian dan daya juang para Awak Kapal Pengawas Perikanan kita dalam memberantas illegal fishing. KKP dan DPR juga sudah sepakat bahwa ke depan PSDKP akan semakin kita perkuat dan kesejahteraan Awak Kapal Pengawas akan kita tingkatkan”, terang Edhy.(*)

Penulis: Aini Lestari | Editor: Eddy Mesakh

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER