Friday, April 26, 2024
HomeBatamPT Batam Sentralindo Pastikan Lahan Kawasan Industri WMIP Siap Bangun Depo Minyak...

PT Batam Sentralindo Pastikan Lahan Kawasan Industri WMIP Siap Bangun Depo Minyak di Batam sejak 2013

spot_img

Defrizal juga menegaskan bahwa pembangunan kawasan industri WMIP sepenuhnya dijalankan oleh PT BS sebagai perusahaan lokal di Batam.

Awalnya kawasan ini merupakan gugusan pulau Janda berhias dengan lahan darat seluas 42 hektar.

Baca: Tak Ingin Ada Penyeberan Virus Corona, Prajurit Lanud RHF Sterilkan 2 Tempat Ibadah

“PT BS kemudian melakukan reklamasi perairan laut di depan daratan Pulau Janda Berhias seluas 60,5 hektar. Untuk kawasan industri ini PT BS telah mengantongi seluruh perijinan, termasuk Hak Guna Bangunan dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) kota Batam,” ungkap Defrizal.

Djamaris menerangkan, pemegang saham lokal keberatan karena biaya kontruksi depo itu 70 persen akan menggunakan pinjaman kepada pihak ketiga.

Dengan adanya pembengkakan biaya lebih dari Rp 2,1 triliun, PT MCT khawatir perusahaan patungan akan sulit menjalankan bisnisnya.

Ditambah lagi pihak Sinopec menunjuk langsung kontraktor pembangunan depo minyak itu.

Dimana hal itu menyalahi kesepakatan pemegang saham PT WPT bahwa penetapan kontraktor harus melalui tender international dan hukum Indonesia.

“Sebagai pengusaha lokal, PT MCT juga ingin memastikan bahwa proyek ini dapat menyerap tenaga lokal. Sehingga masyarakat Batam dapat ikut berpartisipasi ketika proyek ini berjalan,” tegas Defrizal. (*)

Penulis: romi kurniawan

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER