Pertanyataannya; Mengapa Italia?

Persentase kematian di Italia mencapai 8,6 persen. Tertinggi dibanding negara manapun di seluruh dunia, termasuk Kota Wuhan di China Tengah. Prancis dan Spanyol sedang berjalan di atas jejak Italia dan terancam menghadapi masalah serupa. (Foto via rte.ie)
Persentase kematian di Italia mencapai 8,6 persen. Tertinggi dibanding negara manapun di seluruh dunia, termasuk Kota Wuhan di China Tengah. Prancis dan Spanyol sedang berjalan di atas jejak Italia dan terancam menghadapi masalah serupa. (Foto via rte.ie)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

ROMA, SURYAKEPRI.COM – Kenapa Italia? Itu pertanyaan besar yang diajukan seluruh negara dunia untuk dipelajari agar tidak bernasib serupa akibat hantaman wabah virus corona.   

Italia telah menjadi episentrum pandemi virus corona, melampaui China yang sebelumnya merupakan episentrum virus ganas ini.

Para ahli membuat daftar berbagai alasan – mulai dari usia populasi Italia yang relatif “senior” hingga sistem perawatan kesehatan yang tegang, hingga beberapa kesialan kuno – memperparah bencana yang belum pernah dilihat generasi ini.

Tidak satu pun dari jawaban itu yang menjelaskan mengapa negara berpenduduk 60 juta ini menyumbang lebih sepertiga dari 12,950 kematian yang dilaporkan secara resmi di seluruh dunia yang dihuni 7,7 miliar manusia ini.

Tetapi negara-negara lain sangat ingin mengungkap setiap faktor pemicu dan mengatasinya melalui berbagai langkah pencegahan agar tidak menjadi Italia berikutnya.

Bangsa Tua

Salah satu faktor utama yang hampir semua orang melihatnya adalah usia rata-rata populasi Italia. Termasuk yang paling tua.

Usia rata-rata populasi keseluruhan adalah 45,4 tahun lalu – melampaui negara lain di seluruh Eropa.

Itu juga tujuh tahun lebih tua dari usia rata-rata populasi di China dan sedikit di atas Korea Selatan.

Angka yang dirilis hari Jumat menunjukkan usia Italia warga Italia yang sekarat akibat Covid-19 rata-rata 78,5.

Hampir 99 persen dari mereka juga menderita setidaknya satu kondisi atau penyakit yang sudah ada sebelumnya.

Tingkat kematian Italia di antara mereka yang terinfeksi virus dengan demikian relatif tinggi, yakni 8,6 persen.

“Covid-19 memukul sangat keras kelompok usia yang lebih tua,” kata profesor Universitas Oxford Jennifer Dowd di Twitter.

“Negara-negara dengan populasi yang lebih tua perlu mengambil langkah-langkah perlindungan yang lebih agresif untuk tetap di bawah ambang batas kasus kritis yang melampaui kapasitas sistem kesehatan,” kata Dowd.

Namun, usia rata-rata Jepang 47,3 tahun, membuatnya menjadi negara yang bahkan lebih tua dari Italia – dan hanya memiliki 35 kematian resmi terdaftar.

Jadi usia jelas bukan satu-satunya faktor.

Nasib Buruk 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.