Delapan OAR dan Satu ODP Diisolasi di Rusun Ne’e Rote Ndao-NTT

Laporan pemantauan Covid-19 di Kabupaten Rote-Ndao NTT. (Sumber: Humas Pemkab Rote Ndao)
Laporan pemantauan Covid-19 di Kabupaten Rote-Ndao NTT. (Sumber: Humas Pemkab Rote Ndao)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BA’A, SURYAKEPRI.COM –  Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melaporkan bahwa terdapat delapan orang dari area risiko dan satu orang dalam pengawasan (ODP) sedang menjalani karantina.

Hal itu diinformasikan oleh Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Rote Ndao dr WP Adhy Pangarso, Sp.PD di Ba’a, Jumat (27/3/2020).

Adhy menjelaskan bahwa 8 OAR dan satu ODP telah mendiami Rumah Susun (Rusun) Ne’e, Desa Sanggaoen, Kecamatan Lobalain, sebagai tempat isolasi yang disiapkan khusus Pemkab Rote Ndao untuk penanganan Covid-19.

Dikatakan Adhy, pada Kamis (26 Maret) sore hingga malam, tim Gugus Tugas Covid-19 bergerak melakukan penjemputan terhadap delapan OAR dan satu ODP yang sudah dalam pantauan untuk diisolasikan di Rusun Ne’e.

Hal ini, kata Adhy, sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Rote Ndao Nomor 10 Tahun 2020 tentang Percepatan Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Rote Ndao Pasal 4 Ayat (3) yang menyatakan bahwa dalam hal terdapat OAR yang masuk ke daerah karena alasan tertentu wajib dikarantina pada tempat yang ditetapkan oleh Gugus Tugas Covid-19.

Dijelaskan Adhy, berdasarkan pantauan tim medis terhadap kondisi terakhir delapan OAR tersebut, semuanya dalam keadaan sehat dan belum ditemukan gejala Covid-19.

Namun sesuai protap, mereka tetap harus dalam pemantauan selama 14 hari ke depan. Sementara satu ODP tersebut dalam keadaan sakit batuk-pilek.

“Secara keseluruhan kondisi kesehatan orang yang diisolasi baik, namun masih harus diikuti perkembangannya secara cermat hingga 14 hari ke depan,” kata Adhy.

“Jika dalam jangka waktu kurang dari 14 hari pemantauan kondisi mereka tetap sehat dan tidak ditemukan gejala Covid-19, maka mereka bisa pulang dengan syarat menandatangani surat pernyataan untuk menjalani karantina mandiri di rumah sesuai ketentuan Kepbup nomor 140 tahun 2020 ,” jelasnya.

ODP Berangsur Pulih 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.