Sunday, May 19, 2024
HomeLainnyaInternasionalDi Singapura, Langgar Aturan Jaga Jarak 1 Meter Didenda Rp112 Juta dan...

Di Singapura, Langgar Aturan Jaga Jarak 1 Meter Didenda Rp112 Juta dan 6 Bulan Penjara

spot_img

SINGAPURA, SURYAKEPRI.COM – Pemerintah Singapura menerapkan aturan ketat dan tegas bagi siapapun yang melanggar aturan social distancing atau menjaga jarak aman minimal satu meter antar individu di tempat umum.

Aturan untuk mencegah penularan Covid-19 ini mulai berlaku sejak pukul 11.59 malam pada hari Kamis (26/3/2020).

Individu, penyelenggara acara, dan pemilik tempat yang melanggar aturan tersebut dapat dipenjara hingga enam bulan, atau didenda hingga S $ 10.000 (sekitar Rp112 juta)  atau kombinasi keduanya.

Mereka yang melanggar peringatan untuk tinggal di rumah juga akan menghadapi hukuman yang sama. Demikian siaran pers dari Kementerian Kesehatan Singapura (MOH).

Peraturan yang berada di bawah Undang-Undang Penyakit Menular ini memberikan kekuatan hukum bagi Gugus Tugas Multi-Kementerian COVID-19 untuk melakukan tindakan tegas bagi siapapun yang melanggar.

Singapura memasang peringatan soal social distancing di eskalator untuk mengingatkan warga. (Foto: CNA)
Singapura memasang peringatan soal social distancing di eskalator untuk mengingatkan warga. (Foto: CNA)

Seperti yang diumumkan sebelumnya, sejak Jumat, pertemuan di luar pekerjaan atau sekolah dibatasi maksimal 10 orang dan setiap individu harus menjaga jarak 1m dari satu sama lain. Aturan ini berlaku ketika “interaksi hanya bersifat sementara”, seperti di supermarket, restoran, dan pusat perbelanjaan.

Pemilik tempat dan penyelenggara acara harus memastikan bahwa tempat duduk portabel  harus berjarak minimal 1 m dari kursi lain.  Jika kursi terpadang di lantai atau tidak bisa dipindah-pindah, maka kursi kosong harus ditandai agar tidak diduduki.

Di tempat-tempat umum di mana antrian terbentuk, seperti di toko-toko ritel atau supermarket, individu harus berdiri 1 m terpisah dalam antrian.

Individu yang dengan sengaja duduk di kursi yang dibatasi/ditandai atau berdiri dalam antrian kurang dari 1m dari individu lain juga bisa menghadapi hukuman di atas.(*)

Penulis/Editor: Eddy Mesakh | Sumber: CNA

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER