Video: Kedua Tangan Cewek Ini Terlihat Sedikit Kekar, Rupanya Itu Tangan Laki-laki

Shreya Siddanagowder (18) kehilangan kedua lengan di bawah siku dalam kecelakaan bus. Sehingga dari bagian siku ke bawah diganti dengan tangan laki-laki. (Foto: LiveScience)
Shreya Siddanagowder (18) kehilangan kedua lengan di bawah siku dalam kecelakaan bus. Sehingga dari bagian siku ke bawah diganti dengan tangan laki-laki. (Foto: LiveScience)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM –  Ada yang aneh dengan foto di atas? Ya, tangan itu terlihat terlalu besar untuk gadis cantik asal India ini. Itu seperti bukan tangannya.

Shreya Siddanagowder (18) kehilangan kedua lengan di bawah siku dalam kecelakaan bus. Sehingga dari bagian siku ke bawah diganti dengan tangan laki-laki.

Dia menerima donor dari seorang pria berkulit gelap. Bertahun-tahun kemudian, kulit tangan yang dicangkokkan menjadi cerah dan terlihat sama dengan sebagian warna kulit gadis ini.

The Indian Express melaporkan pada 7 Maret 2020 bahwa setelah kecelakaannya pada tahun 2016, lengan Siddanagowder diamputasi di bawah siku.

Pada 2017, ia menjalani operasi transplantasi selama 13 jam yang dilakukan oleh tim yang terdiri dari 20 ahli bedah dan 16 ahli anestesi.

Tangan yang dicangkokkan berasal dari seorang pria berusia 21 tahun yang meninggal akibat kecelakaan sepeda.

Selama satu setengah tahun berikutnya, terapi fisik berhasil meningkatkan kontrol motorik Siddanagowder pada lengan dan tangannya, yang secara bertahap menjadi lebih ramping dibanding saat transplantasi.

Tetapi ada perubahan tak terduga lainnya: Kulit pada anggota badan barunya, yang lebih gelap karena donor memiliki warna kulit yang lebih gelap, menjadi lebih terang, sehingga lebih cocok dengan warna kulit Siddanagowder.

Para dokter yang merawat Siddanagowder curiga bahwa tubuhnya memproduksi melanin lebih sedikit daripada donornya, yang dapat menjelaskan pencerahan anggota badan barunya. Melanin adalah pigmen yang membuat kulitnya berwarna.

Tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi penyebabnya, kata Dr. Uday Khopkar, kepala dermatologi di Rumah Sakit King Edward Memorial di Mumbai, kepada The Indian Express.

Asia's First Upper Arm Double Hand Transplant Recipient-Shreya Siddanagowder

Shreya Siddanagowder is Asia's first upper arm double hand transplant recipient . She is also the first to receive male hands. The complex surgery was performed by a team of Doctors led by Dr. Subramania Iyer (Head, Plastic and Reconstructive Surgery) at Amrita Institute of Medical Sciences Kochi.One can tell after interacting with her, that she is determined to live life to the fullest and spread awareness on hand transplantation along with her amazing parents who have been her constant support through her entire journey so far.

Posted by MOHAN Foundation on Sunday, June 23, 2019

 

Menurut Mayo Clinic, calon untuk transplantasi tangan menjalani evaluasi dan konsultasi yang dapat berlangsung berbulan-bulan.

Para ahli menilai kesehatan keseluruhan pasien, melakukan tes darah, sinar-X, dan mengevaluasi fungsi saraf pada anggota badan yang diamputasi.

“Pelamar yang memenuhi syarat kemudian ditempatkan pada daftar tunggu dan dicocokkan dengan donor tangan berdasarkan faktor-faktor seperti warna kulit, ukuran tangan, dan jenis darah,” kata Mayo Clinic.

Kunjungan Siddanagowder ke pusat transplantasi di Institut Teknologi Manipal di Karnataka, India, untuk mendaftar transplantasi bertepatan dengan sumbangan tangan yang sesuai dengan golongan darahnya.

Pembedahannya adalah transplantasi tangan ganda pertama yang dilakukan di Asia, serta transplantasi tungkai antargender pertama di benua itu.

“Saya adalah wanita pertama di dunia yang memiliki tangan pria,” kata Siddanagowder dalam sebuah video yang dibagikan di Facebook pada Juni 2019 oleh MOHAN Foundation, sebuah organisasi amal nonpemerintah yang mendukung penelitian perintis dalam transplantasi dan donasi organ di India.

Lebih Ramping dan Ringan

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.