Perhatikan Mom, Ini yang Harus Diketahui Orangtua saat ‘Stay at Home’

Stay at home alias tetap berada di rumah saat ini jadi strategi yang dilancarkan demi mencegah penularan virus corona. (ist)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM –  Stay at home alias tetap berada di rumah saat ini jadi strategi yang dilancarkan demi mencegah penularan virus corona. Stay at home bukan berarti Anda harus selalu di rumah, tetapi Anda membatasi aktivitas di luar rumah–kecuali perlu sesuatu hal yang mendesak.

Perusahaan menyiasati pekerjanya agar bisa bekerja dari rumah (work from home). Anak-anak pun mau tak mau belajar di rumah.

baca juga: Pangeran Charles Sembuh dari Covid-19, Ini Tips yang Diberikan

Terlihat ‘ribet’ tetapi Astrid Gonzaga Dionisia, child protection specialist UNICEF Indonesia menilai justru stay at home merupakan kesempatan merajut komunikasi seluruh anggota keluarga.

baca juga: Sering Digunakan Percobaan Ilmiah, Rusia Bangun Monumen Penghormatan untuk Tikus

“Hal-hal yang sehari-hari selama ini sulit kita lakukan terutama bagi keluarga yang tinggal di perkotaan. Kita lihat realitas Jakarta, bapak ibu pulang malam hari dan anaknya tidur,” kata Astrid dalam konferensi pers di BNPB, Jakarta, Kamis (2/4/2020).

Tak pelak, stay at home pun jadi tantangan buat para orang tua, khususnya di Indonesia.

1. Mendampingi anak sesuai usia
Anak-anak juga seperti orang dewasa yang merasa bosan karena tidak bisa keluar rumah. Astrid berkata anak remaja cenderung ingin bermain dengan teman sebayanya. Orang tua pun dituntut untuk mampu mendampingi anak, menjadi kawan untuk anak-anak mereka.

Tapi tak hanya kawan, orang tua juga turut didaulat untuk bisa jadi guru–sementara waktu.

“Saya pernah mengalami. Anak saya itu adalah apa yang dikatakan ibu guru. Ini jadi tantangan, kita menjadi guru di keluarga,” imbuh dia.

2. Fasilitas
Harus disadari bahwa stay at home membawa aneka konsekuensi. Anak yang belajar di rumah perlu fasilitas internet untuk mengakses materi dan tugas mata pelajaran.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.