Jangan Percaya Pesan Viral Covid-19 Bisa Dibunuh dengan Air Alkali

Disinformasi (Sumber: Kominfo)
Disinformasi (Sumber: Kominfo)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM –  Beredar pesan berantai yang menyebut Virus Corona Covid-19 memiliki derajat keasaman (pH) 5,5-5,8 bisa dibunuh dengan makanan/minuman alkali.

Dijelaskan bahwa dengan derajat keasaman tersebut, virus corona dapat dibunuh dengan mengonsumsi makanan/minuman alkali yang mengandung pH lebih tinggi dibanding pH virus.

Informasi tersebut, menurut Kemenkominfo, masuk katagori disinformasi alias informasi keliru.

Faktanya, berdasarkan penelusuran oleh cekfakta.tempo.co, yang dikutip Kemenkominfo, klaim bahwa virus corona memiliki derajat keasaman atau pH 5,5-5,8 adalah keliru.

Klaim tersebut mengutip penelitian yang terbit pada tahun 1991, jauh sebelum virus corona Covid-19 muncul pada Desember 2019.

Adapun virus, termasuk Virus Corona tidak memiliki pH. Oleh karenanya, mengonsumsi alkali dengan pH yang lebih tinggi tidak dapat membunuh virus corona.

Hasil penelusuran Tempo menjelaskan bahwa pesan berantai itu tidak hanya beredar di Indonesia, tetapi juga di India dan Afrika dalam versi bahasa Inggris. Mereka mengklaim informasi itu berasal dari penelitian yang diterbitkan di Journal of Virology.

Penelusuran Tempo pada jurnal tersebut menemukan penelitian berjudul “Alteration of the pH Dependence of Coronavirus-Induced Cell Fusion: Effect of Mutations in the Spike Glycoproteint“. Penelitian ini dilakukan oleh Thomas Gallagher, Cristina Escarmis, dan Michael Buchmeier dari Departemen Neurofarmakologi Scripps Clinic and Research Foundation, California.

Comot Hasil Penelitian

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.