Berseliweran Informasi “Akan Ada Angin dari Utara ke Selatan Membawa Wabah”, BMKG Pastikan Itu Hoax

Ilustrasi Angin Kencang. Prediksi BMKG Hang Nadim Batam bahwa kecepatan angin yang cukup kencang di wilayah Kepulauan Riau menyebabkan berkurangnya potensi pembentukan awan-awan hujan.(foto/ist)
Ilustrasi Angin Kencang. Prediksi BMKG Hang Nadim Batam bahwa kecepatan angin yang cukup kencang di wilayah Kepulauan Riau menyebabkan berkurangnya potensi pembentukan awan-awan hujan.(foto/ist)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Dalam beberapa hari terakhir beredar pesan singkat yang tersebar di masyarakat melalui whatsapp yang menyatakan akan ada angin utara menuju selatan yang membawa wabah penyakit.

Informasi itu juga banyak beredar di jejaring sosial masyarakat Batam dalam dua hari terakhir.

Menanggapi isu tersebut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofsika menjelaskan sejumlah hal dan menegaskan informasi itu tidak benar alias Hoax.

Dalam pernyataan resminya, Kamis (9/4), Plt Deputi Bidang Meteorologi Drs Herizal, M.Si menyebutkan, informasi yang menyatakan akan ada angin utara menuju selatan membawa wabah penyakit, hal tersebut dapat dipastikan bukan berasal dari BMKG.

Baca: Berseliweran di Medsos, Imbauan Berhenti Total 3 Hari, 10-12 April, Ternyata Hoax

Baca: Raja Salman Ikut Diisolasi Dekat Jeddah, Setelah 150 Anggota Kerajaan Arab Saudi Positif Covid-19

Baca: Ibu Korban Terbangun, Dengar Rintihan Anaknya Asyik Asoy Geboy dengan Sopir di Kamar

Bahkan isi informasi tersebut hoax, serta tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

BMKG menegaskan, saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang berada pada peralihan musim hujan menuju musim kemarau.

Sehingga sirkulasi angin tidak lagi di dominasi angin dari utara (dari Benua Asia).

Bahkan di beberapa wilayah di bagian selatan Indonesia kini sudah mulai berhembus angin dari timur – selatan (dari Benua Australia).

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.