Lewati Italia, AS Kini Mencatat 20.602 Kematian Akibat Covid-19

Presiden AS Donald Trump. (Foto dari New York Times)
Presiden AS Donald Trump. (Foto dari New York Times)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

NEW YORK, SURYAKEPRI.COM – Amerika Serikat melampaui Italia sebagai negara dengan jumlah kematian akibat Covid-19, Sabtu (11/4/2020) waktu AS.

Sebagaimana data realtime Universitas John Hopkins, hingga Minggu (12 April) pagi waktu Indonesia, AS telah mengonfirmasi 529.740 pasien positif terinfeksi Covid-19. Negeri Paman Sam mencatat 20.602 kematian (sejak wabah dimulai).

Sementara Italia mencatat 19.468 kematian dari 152.271 kasus positif, disusul Spanyol dengan 16.606 kematian dari 163.027 kasus. Prancis dan Inggris adalah dua negara Eropa lainnya yang paling terpukul dengan angka kematian masing-masing 13.851 dan 9.892 orang.

Itu adalah tonggak sejarah suram yang tercapai ketika Presiden Donald Trump mempertimbangkan untuk membuka kembali aktivitas perekonomian, manakala jumlah pasien positif Covid-19 di negerinya telah melampaui setengah juta kasus.

Negeri adidaya mencatat angka kematian tertinggi hanya dalam sehari sebanyak lebih dari 2.000 kematian selama empat hari terakhir berturut-turut. Sebagian besar dari mereka yang meninggal berada di New York City dan sekitarnya.

Pernyataan Trump dipandang meremehkan pandemi ini, karena New York bahkan masih berusaha mencari cara terbaik untuk memasukkan lonjakan kematian di rumah dalam statistik resmi.

Para ahli kesehatan masyarakat telah memperingatkan bahwa angka kematian di AS akibat pandemi ini dapat mencapai 200.000 selama musim panas jika peringatan “tetap di rumah”  dicabut setelah 30 hari.

Namun, sebagian besar pembatasan kehidupan publik saat ini, termasuk penutupan sekolah dan perintah darurat menghentikan aktivitas pekerjaan non esensial, sebagian besar merupakan keputusan para gubernur negara bagian, bukan presiden.

Meskipun demikian, Trump telah mengatakan dia ingin kehidupan kembali normal sesegera mungkin dan bahwa langkah-langkah yang bertujuan untuk menghentikan penyebaran penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona baru justru mengakibatkan biaya ekonomi dan kesehatan masyarakat.

Gubernur dan Walikota Cekcok

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.