Friday, March 29, 2024
HomeBatam Data Lengkap Seluruh Kasus Pasien Positif Covid-19 di Kota Batam

[UPDATED] Data Lengkap Seluruh Kasus Pasien Positif Covid-19 di Kota Batam

spot_img

KASUS NOMOR 10 [MENINGGAL]

Kasus Nomor 10 adalah seorang pria 64 tahun, pensiunan ASN.  Dia adalah suami dari Kasus Nomor 8 sekaligus ayah dari Kasus Nomor 9.  Mereka bermukim di kawasan Sekupang.

Pasien Nomor 10 memiliki riwayat penyakit jantung dan  Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) serta memiliki riwayat perjalanan ke luar kota sebulan yang lalu (Maret).

Tanggal 31 Maret 2020 tim medis Puskesmas melakukan RDT dengan hasil Reaktif.

Langsung pengambilan specimen lewat swab. Hasilnya keluar pada 9 April, terkonfirmasi positif.

Pada 8 April 2020, pasien sempat mengalami keluhan nyeri dada kiri, menembus punggung belakang. Juga mengeluh sesak nafas dan batuk berdahak.

Kasus Nomor 10 menjalani perawatan di ruang isolasi PIE RSBP Batam dalam kondisi stabil.

MENINGGALSelasa 14 April 2020 siang sekitar pukul 10.30 WIB, Kasus Nomor 10 diumumkan meninggal dunia. Sehari sebelumnya, status pasien disebutkan dalam kondisi lemah.

“Iya benar yang bersangkutan dinyatakan meninggal dunia kurang lebih satu jam yang lalu,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi.

Menariknya, kata Didi, hasil pemeriksaan swab yang dilakukan kembali terhadap pasien tersebut, dinyatakan dengan hasil “Negatif”.

KASUS NOMOR 9

Kasus Nomor 9 adalah anak dari Kasus Nomor 8. Dia adalah seorang perempuan berusia 32 Tahun, yang juga ASN-P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar kota atau ke luar negeri.

Pasien merasakan keluhan sedikit demam dan batuk ringan. Lantaran merupakan kontak erat dari Kasus Nomor 8, maka tim medis Puskesmas langsung melakukan RDT dengan hasil Reaktif.

Langsung pengambilan specimen lewat swab dengan kesimpulan terkonfirmasi Positif.

Pasien langsung ditempatkan di ruang isolasi PIE RSBP Batam dalam kondisi stabil.

KASUS NOMOR 8

Kasus Nomor 8 adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemko Batam. Dinyatakan positif pada 9 April 2020, setelah pengambilan sampel melalui Swab di RSUD Embung Fatimah.

Dia adalah seorang perempuan berusia 57 tahun. Merupakan rekan sekantor Kasus Nomor 7.  Pasien sedang menjalani perawatan di ruang isolasi PIE RSBP Batam dan dalam kondisi stabil.

Pada 24 Maret 2020 memeriksakan diri ke Puskesmas setempat dengan keluhan demam, batuk, pilek, dan sakit tenggorokan.

Hingga 30 Maret 2020 kondisi tak kunjung membaik. Karena memiliki riwayat perjalanan ke luar kota, tim medis Puskesmas melakukan Rapid Diagnostict Test (RDT) dengan kesimpulan Reaktif.

Petugas langsung melakukan tracing terhadap orang serumah atau kontak dekat, yaitu suami dan anaknya, yang kemudian juga dinyatakan positif.

Suaminya dicatat sebagai Kasus Nomor 10, sedangkan anaknya tercatat sebagai Kasus Nomor 9.

SELANJUTNYA: KASUS NOMOR 5-7

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER