Friday, March 29, 2024
HomeBatamDisnaker Batam Bantu Pendaftaran Kartu Pra Kerja Secara Online

Disnaker Batam Bantu Pendaftaran Kartu Pra Kerja Secara Online

spot_img

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Dinas Tenaga Kerja Kota Batam membantu pendaftaran kartu prakerja secara online bagi pencari kerja atau pekerja terdampak pandemi corona virus disease (Covid-19).

Langkah itu diambil untuk memudahkan masyarakat yang kesulitan mendaftar. Saat ini Disnaker telah menyediakan 4 komputer yang dapat digunakan untuk proses tersebut.

Sebelum para peserta menggunakan komputer, peserta dicek suhu tubuh menggunakan Temperature Gun, mewajibkan menggunakan masker, cuci tangan, dan memakai sarung tangan karet. Itu semua bertujuan mengantisipasi penularan Covid-19.

“Ada empat unit komputer kita siapkan untuk bisa digunakan mereka yang mau mendaftar sebagai peserta program kartu prakerja,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Rudi Sakyakirti di Sekupang, Rabu pekan lalu, sebagimana dirilis Media Center Batam,  Kamis (16/4/2020).

Kartu Prakerja adalah program pemerintah pusat yang ditujukan bagi para pencari kerja. Namun di masa sulit akibat merebaknya Covid-19 ini para pekerja yang terdampak pun bisa ikut mendaftar sebagai peserta.

Nantinya peserta akan diberikan pelatihan sesuai yang didaftarkan ke sistem. Selain itu juga akan diberikan uang saku selama masa pelatihan.

Pendaftaran kartu prakerja ini dilakukan secara daring. Yakni dengan mengakses https://www.prakerja.go.id. Langkah berikutnya, calon peserta diminta membuat akun di situs tersebut. Setelah itu sistem akan mengirimkan pesan verifikasi ke email terdaftar. Selanjutnya bisa login atau masuk ke situs dengan akun yang sudah dibuat.

“Kebanyakan mengalami kesulitan saat login. Sebab websitenya digunakan banyak orang. Calon peserta dari seluruh Indonesia daftar ke website tersebut,” kata dia.

Saat masuk ke sistem, calon peserta diminta mengisi data pribadi. Serta mengunggah foto KTP dan foto peserta tengah memegang KTP.

Selanjutnya calon peserta akan diberi 18 pertanyaan dasar yang harus dijawab. Kemudian peserta bisa memilih opsi bergabung dengan gelombang pertama. Dan kembali menunggu hasil evaluasi.

“Hasilnya nanti diumumkan melalui email masing-masing. Kami sifatnya hanya membantu. Sebenarnya km daftar bisa dari rumah, tapi karena banyak yang gagal makanya kami siapkan fasilitas di kantor untuk membantu,” tutur Rudi.(*)

Penulis: Romy Kurniawan  | Editor: Eddy Mesakh

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER