HM Soerya Kritisi Instruksi Gubernur Kepri

Pembina Forum SSB Kota Batam, DR HM Soerya Respationo,SH,MH.(purwoko)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Ketua DPD PDI Perjuangan Kepri DR HM Soerya Respationo,SH,MH mengkritisi “instruksi” Gubernur Kepri yang diedarkan beberapa hari ini.

Surat Instruksi Gubernur Kepri itu tentang Kewajiban Penggunaan Masker dan Penyediaan Sarana Cuci Tangan/Handsanitizer di Fasilitas Umum. Surat sudah beredar di media sosial maupun jejaring sosial.

Mantan Wagub Kepri itu mengkritisi bahwa instruksi yang ditandatangani Plt Gubernur H Isdianto itu janggal karena tidak mencantumkan tanggal.

Surat itu juga dinilai keliru jika dimaksudkan sebagai sebuah instruksi. Melainkan sekedar imbauan.

Baca: Ini Aturan Beribadah Ramadhan Selama Pandemi Covid-19, Warga Batam Dilarang Mudik

Baca: BREAKING NEWS: Kadinkes Kepri Sebut 2 Orang di Bintan Positif Covid-19

Baca: Jokowi Minta Menpar Siapkan Perlindungan Sosial bagi Para Pekerja Sektor Pariwisata

Instruksi sifatnya berlaku untuk instansi vertikal yang hirarkis, yaitu kepada bupati/wali kota, instansi pemerintahan (OPD-OPD) di bawahnya, serta pegawai di Kepri.

Namun instruksi Gubernur tidak bisa mengikat ke instansi lain, termasuk TNI/Polri.

“Instruksi adalah ke jajaran level bawahnya, ke bupati, walikota, sekda, asisten, opd-opd dan staf. Kalau ke Kapolda, TNI, Kajati dan instansi-instansi di luar Pemerintah Daerah, juga ke masyarakat mana bisa,” ujar Soerya.

Instruksi itu adalah perintah dari atasan kepada bawahan. Bila bawahan tidak melaksanakan instruksi tersebut berarti bawahan telah melawan perintah kedinasan sehingga dapat dijatuhkan hukuman disiplin, sehingga instruksi itu efektif.

“Jika instruksi diberikan bukan kepada bawahan, sesungguhnya dia bukan instruksi melainkan himbauan,” kata Soerya lagi.

HM Soerya menekankan, dalam hal ini ia ingin semua pihak komitmen terhadap upaya melawan pandemi corona agar semua bisa segera diatasi.

Namun demikian, pemerintah daerah juga harus serius dan memahami betul apa yang dilakukannya sehingga bisa berjalan efektif.

Sementara itu, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak kepada Suryakepri.com juga mengungkapkan, Instruksi Gubernur itu lebih tepat disebut sebagai Surat Edaran.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.