Batam Siapkan Langkah PSBB, Amsakar Sebut Penyebaran Covid-19 Cukup Mengkhawatirkan

Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad. (Foto: Suryakepri.com/Nando)
Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad. (Foto: Suryakepri.com/Nando)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam telah menyusun konsep penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang rencananya akan diterapkan di Batam dalam waktu dekat.

PSBB ini dirasa sudah cukup penting karena penyebaran virus corona Covid-19 sudah sangat mencemaskan dan sulit dilokalisir.

โ€œPSBB sudah selesai disusun oleh tim yang langsung dikoordinasikan oleh Pak Wan Darussalam selaku Litbang (Bapelitbang), yang prinsipnya dengan berbagai pertimbangan, kita memandang cukup baik kalau PSBB disepakati oleh Kementrian Kesehatan,โ€ kata Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad melalui konferensi pers online, Senin (20/4/2020) siang.

Baca: Bocah 8 Tahun Dinyatakan Positif Corona di Tanjungpinang, Kini Totalnya 21 Orang

Baca: Innalillahi, Candra bin Himyar Meninggal Dipatuk Ular Berbisa, Stok Obat RSUD Rupit Habis

Baca: Niat Ramadhan Dalam Bahasa Jawa serta Amalan Ibadah Sunnah

Amsakar menjelaskan, ada beberapa alasan yang menjadi dasar utama untuk diterapkannya PSBB di Batam.

Alasan-alasan tersebut yakni PSBB memungkinkan daerah untuk memberikan sanksi melalui peraturan kepala daerah atas pelanggaran-pelanggaran terkait penanganan Covid-19 yang dilakukan.

Selain itu, letak geografis Batam hingga saat ini menjadi tempat lalu lintas sehingga realtif sangat sulit untuk dikendalikan.

โ€œSebulan lalu ada 72 ribu Pekerja Migran Indonesia atau TKI dan 104 diamankan ke karantina. Setelah itu 40 orang dari KM Kelud. Seperti itulah kondisi yang terbuka seperti sekarang”.

“Daerah tidak memiliki kewenangan untuk memberikan sanksi meskipun dalam tindak pidana ringan. Tapi kalau sudah PSBB, kita tinggal buat cek point pintu masuk di beberapa titik tertentu dan nanti kita memobilisasi 500-700 personil untuk stay di titik-titik keramaian,โ€ jelas Amsakar.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.