[RISET] Kemampuan Mutasi Virus Corona Sangat Berbahaya, Bahkan tak Terduga oleh Para Ahli

Profesor Li Lanjuan ahli epidemiologi terkemuka di Tiongkok . Foto: Xinhua via SCMP
Profesor Li Lanjuan ahli epidemiologi terkemuka di Tiongkok . Foto: Xinhua via SCMP
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Beberapa peneliti mencurigai perbedaan angka kematian bisa saja – sebagian – disebabkan oleh mutasi virus corona, tetapi mereka tidak memiliki bukti langsung.

Sebuah riset terbaru oleh ilmuwan top China telah menemukan kemampuan virus corona baru (SARS-CoV-2) untuk bermutasi telah sangat diremehkan dan strain yang berbeda dapat menjelaskan dampak penyakit yang berbeda di berbagai belahan dunia.

Profesor Li Lanjuan dan rekan-rekannya dari Universitas Zhejiang, China, menemukan dalam kumpulan kecil pasien terjadi banyak mutasi virus yang sebelumnya tidak dilaporkan.

Mutasi ini termasuk perubahan yang sangat langka sehingga para ilmuwan tidak pernah menganggapnya mungkin terjadi.

Mereka juga mengonfirmasi untuk pertama kalinya dengan bukti laboratorium bahwa mutasi tertentu dapat membuat satu strain lebih mematikan dari strain yang lain.

“SARS-CoV-2 telah mengalami mutasi yang mampu secara substansial mengubah patogenisitasnya,” tulis Li dan rekan-rekannya dalam makalah non-peer-review yang dirilis pada layanan pracetak medRxiv.org,  Minggu (19/4/2020).

Penelitian Li memberikan bukti kuat pertama bahwa mutasi ini dapat memengaruhi seberapa parah virus menyebabkan penyakit atau kerusakan pada inangnya, dalam hal ini manusia.

Li mengambil pendekatan yang tidak biasa untuk menyelidiki mutasi virus. Dia menganalisis strain virus yang diisolasi dari 11 pasien Covid-19 yang dipilih secara acak dari Hangzhou, di provinsi timur Zhejiang, dan kemudian menguji seberapa efisien mereka dapat menginfeksi dan membunuh sel.

Strain Corona New York Sama dengan Eropa 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.