Video Menakjubkan Bagaimana Induk Ikan Paus Ini Menyusui Bayinya

Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Kamera pada punggung bayi paus bungkuk telah menangkap sekilas bagaimana sang induk menyusui bayinya.

Selain kamera, label suction-cup juga membawa perekam akustik, sensor kedalaman, dan accelerometer, yang semuanya mengumpulkan data tentang perilaku, gerakan, dan pola pernapasan paus.

Para peneliti juga mengerahkan drone untuk secara bersamaan mengamati makhluk anggun ini dari udara dan mengamati ukuran dan kondisi tubuh mereka.

Tim, termasuk ilmuwan dari Universitas Hawaii di Program Penelitian Mamalia Laut Mānoa, Stasiun Kelautan Universitas Stanford Hopkins, dan Universitas California, Santa Cruz, tertarik meneliti seberapa sering dan berapa lama induk paus bungkuk menyusui bayinya – suatu perilaku yang sulit bagi para peneliti untuk mengamatinya dari permukaan.

“Kami benar-benar dapat melihat apa yang dilihat dan dialami hewan-hewan ini  secara alami,” kata Lars Bejder, direktur Program Penelitian Mamalia Laut.

“Itu adalah rekaman yang sangat unik dan langka yang kami peroleh, yang memungkinkan kami untuk mengukur berapa kali dan berapa lama paus bungkuk menyusui anaknya yang sangat penting.”

Sekitar 100.000 paus bungkuk (Megaptera novaeangliae) mengunjungi perairan jernih di lepas pantai Maui, Hawaii, antara Januari dan Maret setiap tahun.

Paus menghabiskan waktu ini secara eksklusif untuk berkembang biak, dan mereka hanya mengandalkan energi yang disimpan dari musim makanan pada musim panas sebelumnya di Alaska.

Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini akan memberikan wawasan penting tentang kebutuhan nutrisi ibu dan anak paus bungkuk saat mereka bersantai di tempat pengembangbiakan di Maui.

Penelitian paus bungkuk di Hawaii sebagian besar merupakan upaya kolaborasi. Penyebaran dan pengambilan tag dimungkinkan dengan bantuan dari konservasi paus lokal dan kelompok ekowisata.(*)

Editor: Eddy Mesakh | Sumber: LiveScience

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.