China Kirim Tim dan Ahli Medis ke Korut untuk Bantu Tangani Kesehatan Kim Jong Un

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (Foto Reuters)
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (Foto Reuters)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BEIJING/SEOUL, SURYAKEPRI.COM –  China telah mengirim tim ke Korea Utara, termasuk para ahli medis untuk memberi masukan tentang pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, menurut tiga orang yang mengetahui situasi tersebut.

Keberangkatan para dokter dan pejabat China itu dilakukan di tengah laporan yang saling bertentangan tentang kesehatan pemimpin Korea Utara.

Reuters tidak dapat segera menentukan apa yang ditunjukkan oleh perjalanan tim China terkait kesehatan Kim.

Dua orang sumber menyebutkan bahwa sebuah delegasi yang dipimpin oleh seorang anggota senior dari Departemen Penghubung Internasional Partai Komunis China meninggalkan Beijing ke Korea Utara pada hari Kamis.

Departemen itu adalah badan utama China yang berurusan dengan negara tetangga Korea Utara. Departemen Penghubung tidak dapat dihubungi oleh Reuters untuk memberikan komentar.

Kementerian luar negeri China juga tidak menanggapi permintaan komentar Jumat malam.

Daily NK, situs web yang berbasis di Seoul, Korea Selatan, melaporkan awal pekan ini bahwa Kim pulih setelah menjalani prosedur kardiovaskular pada 12 April. Ia mengutip satu sumber anonim di Korea Utara.

Para pejabat pemerintah Korea Selatan dan seorang pejabat China membantah laporan-laporan yang menyatakan bahwa kondisi ksehatan Kim sedang kritis.

Para pejabat Korea Selatan mengatakan mereka tidak menemukan tanda-tanda aktivitas tidak biasa di Korea Utara.

Pada hari Kamis, Presiden AS Donald Trump juga menepis laporan sebelumnya bahwa Kim sakit parah. “Saya pikir laporan itu tidak benar,” kata Trump kepada wartawan, tetapi dia menolak mengatakan apakah dia telah menghubungi pejabat Korea Utara.

Pada hari Jumat, sebuah sumber Korea Selatan mengatakan kepada Reuters bahwa intelijen mereka mengatakan Kim masih hidup dan kemungkinan akan segera muncul ke publik.

Seorang pejabat yang akrab dengan intelijen AS mengatakan bahwa Kim diketahui memiliki masalah kesehatan tetapi mereka tidak punya alasan untuk menyimpulkan bahwa dia sakit parah.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo juga enggan berkomentar. “Saya tidak punya apa-apa yang bisa saya bagikan kepada Anda malam ini, tetapi masyarakat Amerika seharusnya tahu bahwa kami mengawasi situasi dengan sangat teliti,” kata Pompeo di Fox News.

Kesehatan Pemimpin Masalah Keamanan Negara 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.