Friday, April 19, 2024
HomeTanjungpinangMusrenbang Provinsi Kepri Dibuka via Video Conference, Ini Bidang yang Jadi Penekanan

Musrenbang Provinsi Kepri Dibuka via Video Conference, Ini Bidang yang Jadi Penekanan

spot_img

Sedangkan terkait RKP Tahun 2021 yang temanya mengalami perubahan sejak Pandemi Covid-19 menjadi “Mempercepat Pemulihan Ketahanan Ekonomi dan Kehidupan Masyarakat dengan Fokus pada Industri Pariwisata, Investasi dan Penggiatan Sistem Kesehatan Nasional”.

“Sehingga kami himbau agar RKPD Kepri harus dilakukan penyesuaian juga dengan berpedoman kepada tema RKP tersebut,” lanjutnya.

Baca: Keuangan 12 Zodiak yang Hoki Besok, 5 Zodiak Ini Terima Rezeki Nomplok

Sementara itu, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Kementerian PPN/Bappenas Kennedy Simanjuntak usai menyampaikan pokok-pokok RKP 2021, memberikan rekomendasi arah kebijakan pembangunan Provinsi Kepri, antara lain: Mendorong percepatan pertumbuhan dan transformasi ekonomi wilayah menjadi manufaktur dan pariwisata berskala global.

Mempercepat pembangunan SDM unggul dan berdaya saing global; Meningkatkan pemberdayaan usaha rakyat dan UMKM khususnya di sektor perikanan; Memperkuat ketahanan dan kesiapan sistem kesehatan daerah; Memperkuat kapasitas pemerintah daerah dan desa dalam pengembangan ekonomi lokal dan pengelolaan dana desa.

Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak saat menjabarkan Pokok-pokok Pikiran DPRD Provinsi Kepri mengatakan bahwa pelaksanaan Musrenbang tahun ini diharapkan menjadi momentum agar menyusun sesuai kebutuhan masyarakat sehingga tercapai kemajuan daerah.

Jumaga menjelaskan beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam penyusunan Musrenbang tahun ini, apalagi saat ini sedang terjadi pandemi covid-19, Pemda harus melakukan langkah cepat sebagaimana di instruksikan oleh pemerintah pusat.

“Pemda harus menyusun perencaan dalam upaya percepatan dari segala sektor, tidak hanya kesehatan tapi ekonomi dan sosial,” kata Jumaga.

Dalam kondisi darurat ini juga perlu dilakukan pengawasan ketat terhadap harga kebutuhan pokok di pasar serta lakukan Penanganan khusus sebelum dan sesuah pandemi covid-19 yang harus dilakukan secara menyeluruh.

Selain itu, Pemerintah Daerah harus melakukan inovasi dengan mengoptimalkan teknologi informasi sehingga roda pelayanan publik dapat terlaksana dengan lancar.

Terkait Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemerintah Daerah harus bekerja keras meningkatkan sektor-sektor lain agar PAD dapat terus tumbuh, sebagai contoh adalah Sektor Labuh Jangkar dan Sektor Pertambangan, Sektor Reklamasi Pantai.

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER