6 Khasiat Kunir Putih yang Baik Bagi Tubuh

Manfaat kunir putih atau jenis tumbuhan yang memiliki nama lain Curcuma zedoaria ini sering dimanfaatkan oleh berbagai kalangan masyarakat.(foto/alodokter)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Manfaat kunir putih atau jenis tumbuhan yang memiliki nama lain Curcuma zedoaria ini sering dimanfaatkan oleh berbagai kalangan masyarakat.

Kunir putih sendiri adalah jenis tanaman obat yang cukup banyak tumbuh di daerah Asia seperti Bangladesh, Sri Lanka, India, Tiongkok, Jepang, Brazil, Nepal, Thailand, India, dan tentunya Indonesia.

Namun, saat ini kunir putih juga telah banyak dibudidayakan oleh orang-orang Eropa dan Amerika.

Oleh masyarakat Indonesia, biasanya manfaat kunir putih diambil dengan cara mengolah kunir putih menjadi bubuk.

Kunir putih bubuk tersebut diolah menjadi bumbu yang di tambahkan pada masakan.

Ternyata manfaat kunir putih yang dimasukkan pada masakan tersebut dapat memberi tambahan kandungan gizi yang baik bagi tubuh.

Selain itu, apa saja manfaat kunir putih yang bisa kita dapatkan?

Berikut rangkuman informasi mengenai manfaat kunir putih yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsinya dengan takaran yang pas secara rutin, Sabtu (2/5/2020), seperti dikutip dari Liputan6.com..

1. Sebagai Obat Alergi

Manfaat kunir putih yang pertama yaitu sebagai obat alergi alami. Kunir putih memiliki kandungan yaitu curcuminoids.

Kandungan curcuminoids yang terkandung dalam kunir putih tersebut dapat bermanfaat sebagai obat alergi yang memang sudah terbukti mampu untuk mengatasi gejala alergi pada kulit.

Manfaat kunir putih sebagai obat alergi tersebut dapat bekerja layaknya antihistamin.

Antihistamin tersebut berfungsi dalam menghambat aktivitas protein yang menjadi penyebab peradangan dan mencegah pelepasan histamin, dimana histamine tersebut merupakan zat kimia yang akan memicu reaksi alergi pada tubuh.

2. Mencegah Jamur dan Mikroba

Selain mampu menjadi obat alergi alami, manfaat kunir putih lainnya bagi kesehatan yaitu membantu dalam pencegahan mikroba dan jamur.

Pengolahan kunir putih yang benar, maka manfaat kunir putih tersebut juga dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan mulai dari diare, sepsis, dan keracunan makanan.

Manfaat kunir putih yang dapat menjadi pencegah jamur tersebut, kunir putih dapat Anda jadikan sebagai obat untuk berkumur.

Berkumur dengan kunir putih sangat ampuh mengurangi bakteri yang menyebabkan risiko penyakit pada mulut dan gigi.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.