Pentingnya Orangtua Pahami Pedagogi saat Dampingi Anak Selama Pandemi

Pemerhati pendidikan Kota Batam, Dr. Elli Widia. S.Pd. MM.Pd
Pemerhati pendidikan Kota Batam, Dr. Elli Widia. S.Pd. MM.Pd
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Masa pandemi Covid-19 yang juga melanda Indonesia, membuat pemangku kebijakan mendorong seluruh aktifitas pekerjaan dari rumah atau yang dikenal Work From Home (WFH).

Adanya kebijakan ini juga diikuti oleh kebijakan bagi seluruh siswa dan siswi di Batam, dimana hingga saat ini baik pihak swasta dan negeri masih memberlakukan sistem belajar dari rumah, dengan menggunakan bantuan teknologi digital, seperti aplikasi Zoom dan berbagai platform media sosial lainnya.

Pemerhati pendidikan Kota Batam, Dr. Elli Widia. S.Pd. MM.Pd memaparkan bahwa selama masa pandemi ini, orangtua yang juga menjalankan peran sebagai pengganti guru, bukanlah suatu perkara mudah.

Maka, dalam kaitan ini, para orangtua juga perlu memahami ilmu Pedagogi agar mereka dapat memberikan bimbingan belajar secara baik kepada anak-anaknya.

Pedagogi berasal dari bahasa Yunani, yakni “paid” berarti kanak-kanak dan “agogos” yang berarti memimpin.

Menurut Dr Elli Widia, pedagogi mengandung arti memimpin anak-anak atau per definisi diartikan secara khusus sebagai “suatu ilmu dan seni mengajar anak-anak”.

Pedagogi kemudian didefinisikan secara umum sebagai “ilmu dan seni mengajar”.

“Pedagogi itu sendiri adalah ilmu atau seni menjadi seorang guru atau pengajar. Istilah ini merujuk pada strategi pembelajaran atau gaya pembelajaran terhadap anak-anak,” ujarnya saat berkomunikasi dengan Suryakepri.com, Sabtu (2/5/2020).

Pedagogi merupakan ilmu yang mengkaji bagaimana membimbing anak-anak dan bagaimana sebaiknya pendidik berhadapan dengan anak didik, serta apa tugas pendidik dalam mendidik anak, selain juga apa yang menjadi tujuan mendidik anak.

Pedagogi juga kadang-kadang merujuk pada penggunaan yang tepat dari strategi mengajar” sehubungan dengan strategi mengajar, filosofi ini mengajar diterapkan dan dipengaruhi oleh latar belakang pengetahuan dan pengalaman, situasi pribadi, lingkungan, serta tujuan pembelajaran yang dirumuskan oleh guru dan peserta didik.

“Bukan rahasia lagi, terkadang banyak staf pendidik yang menjadi tempat curhat dari para murid mengenai kerinduan mereka untuk kembali belajar di sekolah. Terkadang di media sosial ada orangtua yang berkeluh kesah mengenai kerepotan yang mereka hadapi lantaran menyesaikan kerjaan kantor sembari memberikan pendampingan kepada anak,” lanjutnya.

Dalam hubungan ini pula, ke depan, kata Dr Elli Widia, sekolah-sekolah perlu mengadakan workshop atau lokakarya, bahkan mungkin seminar-seminar parenting bagi masyarakat terkait pentingnya ilmu pedagogi yang juga harus dipahami para orangtua siswa.

Penting Dipahami Orangtua Murid 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.