Pas Waktu Sahur, Pukul 03.00 Dinihari Nanti, Terjadi Puncak Hujan Meteor Eta Aquarids

Ilustrasi hujan meteor Eta Aquarids. (Foto dari in.mashable)
Ilustrasi hujan meteor Eta Aquarids. (Foto dari in.mashable)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM –  Jika langit cerah pas waktu sahur, pukul 03.00 dinihari nanti, Rabu (6/5/2020), kita bisa menyaksikan puncak hujan meteor atau meteor shower Eta Aquarids.

Hujan meteor Eta Aquarids biasanya terjadi antara 19 April dan 28 Mei setiap tahun. Dinamai seperti itu karena posisinya berada pada arah pandangan ke rasi bintang Aquarius.

Ini hanya untuk membantu kita untuk melihat ke arah yang tepat, bukan karena komet ini berasal dari rasi bintang Aquarius.

Eta Aquarids adalah salah satu dari dua hujan meteor yang terjadi oleh puing-puing dari Comet Halley. Bumi melewati jalur Halley mengelilingi Matahari untuk kedua kalinya pada bulan Oktober. Ini menciptakan hujan meteor Orionid, yang memuncak sekitar 20 Oktober.

Komet Halley membutuhkan waktu sekitar 76 tahun untuk membuat revolusi penuh di sekitar Matahari. Waktu berikutnya akan terlihat dari Bumi adalah pada tahun 2061.

Cara Melihat Eta Aquarids

Anda tidak memerlukan peralatan khusus atau banyak keterampilan untuk menyaksikan hujan meteor ini. Hal yang paling dibutuhkan hanyalah langit yang cerah dan kesabaran.

Memang, untuk memperoleh pemandangan terbaik adalah menyaksikan fenomena alam ini di tempat terpencil yang jauh dari cahaya lampu perkotaan. Namun, itu bukan berarti masyarakat perkotaan tidak bisa menyaksikannya, hanya saja kebanyakan cahaya akan sedikit mengganggu.

Nah, jika langit cerah, kita hanya perlu membiasakan mata dengan suasana gelap. Itu membutuhkan sekitar 15-20 menit dalam kegelapan.

Bawa tikar atau sebuah kursi malas ke halaman atau di tempat terbuka. Berbaring di sana dan tengadahkan pandangan ke langit sebelah selatan dan nikmatilah kilatan-kilatan cahayanya.

Anda akan menyaksikan sekitar 10-20 meteor per jam, tetapi pada puncaknya sekitar 30 meteor per jam, dimana masing-masingnya akan meluncur dengan kecepatan sekitar 66 kilometer per detik.

Pemandangan menakjubkan ini bisa Anda saksikan hingga fajar menyingsing di ufuk timur.

Fakta Singkat

Asal Komet  1P Halley
Radiant Constellation Aquarius
Active April 19 – May 28
Peak Activity Meteor Count 10-20 meteors per hour
Meteor Velocity 44 miles (66 kilometers) per second

Sumber: NASA

Oh ya, jika memerlukan alat bantu untuk memudahkan, bisa juga gunakan Peta Interaktif Meteor Shower Sky.  Peta interaktif bisa dibuka menggunakan PC/Laptop maupun ponsel pintar. 

Langkahnya

  • Buka peta interaktif di SINI.
  • Pada bagian atas, perhatikan pilihan lokasi.  Anda bisa mengubah lokasi sesuai di mana Anda sedang berada. Klik di SINI, tulis nama kota Anda, lalu SAVE.
  • Misalnya untuk Anda yang berada di wilayah Batam, silakan klik PETA INTERAKTIF ini.
  • Jangan lupa klik tombol LIVE di bagian bawah peta interaktif.
  • Peta interaktif akan menunjukkan secara live setiap meteor yang meluncur.

Dari Mana Datangnya Meteor?

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.