Doa Khatam Al-Qur’an, Waktu Mustajab untuk Bermunajat

Ilustrasi. Makna amalan di Bulan Djulhijjah.(ist).(ist)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Saat bulan Ramadhan, umat muslim tentu akan berlomba-lomba memperbanyak ibadah termasuk membaca Al-Qur’an.

Biasanya, umat muslim saat Ramadan akan berkali-kali khatam Al-Qur’an demi menggapai berkah dan keutamaannya.

Rasulullah saw bersabda, “Bacalah Al-Qur’an, sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat memberi syafaat kepada pembacanya.” (HR. Imam Muslim).

baca juga: Bintan Kepri Ekspor Karet 1.824 Ton Senilai Rp 34 Miliar ke China, Jepang hingga USA

Selanjutnya ketika seseorang khatam Al-Qur’an, maka ia dianjurkan membaca doa karena di saat itulah waktu mustajab untuk bermunajat kepada Allah.

baca juga: Prediksi Jatuhnya Malam Lailatul Qadar Ramadhan 2020

Rasulullah saw bersabda, “Barang siapa yang salat yaitu salat fardhu maka dia memiliki doa yang mustajab, dan barang siapa yang mengkhatamkan Al-Qur’an maka dia memiliki doa yang mustajab.” (HR. Imam Thabarani).

Adapun doa khatam Al-Qur’an yang juga dituliskan dalam kitab Ihya’ Ulumuddin karya Imam Ghazali adalah sebagai berikut:

Allhummarhamni bilqur’an. Wajalhu li imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allahumma dzakkirni minhu ma nasitu wa ‘allimni minhu ma jahiltu warzuqni tilawatahu aana-allaili waj’alhu li hujatan ya rabbal ‘alamin

Artinya: “Ya Allah berikanlah rahmat kepadaku dengan kitab Al-Qur’an yang agung ini, jadikanlah ia bagiku sebagai panutan, cahaya, serta petunjuk rahmat.”

baca juga: Disebut-sebut Makanan Sultan, Rachel Goddard Nyobain Oreo Supreme

Ya Allah ingatkanlah aku seandainya aku lupa akan ayat-ayat Al-Qur’an.

Ajarkanlah aku dari padanya yang belum aku ketahui dan anugerahkanlah kepadaku kesempatan membaca Al-Qur’an tengah malam dan siang hari dan jadikanlah ia sebagai pembela yang kuat bagiku. Wahai Allah, Tuhan semesta alam.”

Semoga dengan doa tersebut kita akan mendapat pancaran karunia dari Al-Qur’an yang senantiasa bisa menerangi hidup kita. Wallahu a’lam.(*)

Editor: Ucu Rahman

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.