Ingat! Jika Tak Berawan Sore Hari Nanti, Akan Ada Fenomena di Langit

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengatakan masyarakat dapat menyaksikan peristiwa konjungsi planet Merkurius dan Venus sehingga nampak berdekatan di langit Barat Bumi pada 22 Mei 2020.(ist)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengatakan masyarakat dapat menyaksikan peristiwa konjungsi planet Merkurius dan Venus sehingga nampak berdekatan di langit Barat Bumi pada 22 Mei 2020.

“Merkurius dan Venus akan nampak sangat berdekatan, seperti bintang yang berdekatan, terlihat jelas di sore hari jika langit tidak berawan,” kata peneliti dari Pusat Sains Antariksa Lapan Emanuel Sungging Mumpuni dikuti dari Antara, Jakarta, Kamis (22/5/2020).

Emanuel menuturkan fenomena konjungsi dua planet itu dapat diamati dari seluruh wilayah di Indonesia saat sore hari sekitar Matahari terbenam.

Merkurius dan Venus akan tampak seperti dua bintang yang berdekatan tapi dengan ukuran yang berbeda.

Konjungsi Merkurius dan Venus terjadi secara periodik. Dalam setahun, bisa 1-4 kali terjadi, hanya jaraknya bervariasi. Sementara, Emanuel mengatakan konjungsi yang terjadi pada 21-22 Mei 2020 itu dapat dikatakan cukup dekat.

“Untuk tahun 2020 hanya terjadi sekali,” ujar Emanuel.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.