10 Fakta Menarik Pancasila: Ide Muncul Saat Bung Karno dalam Pengasingan di Ende

Foto Bung Karno.(suryakepri.com/ist/gesuri)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Tanggal 1 juni 2019 adalah hari lahir Pancasila. Pada 74 tahun lalu, Bung Karno menggagas Pancasila melalui sebuah pidato terkenal di hadapan anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Berikut 10 fakta menarik tentang Pancasila:

1. Pidato Bung Karno di hadapan anggota BPUPKI pada 1 Juni 1945, merupakan cikal bakal Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

2. Ide Pancasila lahir saat Bung Karno dalam pengasingan di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Saat itu, Soekarno menemukan ide Pancasila saat di bawah sebuah pohon sukun.

Baca: Hari Lahir Pancasila, Pemikiran dan Pandangan Bung Karno

Baca: RAMALAN ZODIAK CINTA LUSA, Selasa 2 Juni 2020, Leo Ada Hubungan Baru, Mimpi Libra Kenyataan

Baca: Keuangan 12 Shio yang Dapat Hoki Besok, 5 Shio Gembira Rezeki Mengalir Lancar

3. Selain Bung Karno, ada 2 tokoh lain yang juga mengusulkan dasar negara pada sidang BPUPKI, yaitu M. Yamin dan Soepomo. Namun usul “Panca Sila” Bung Karno yang pada akhirnya diterima oleh BPUPKI.

4. Pancasila yang kita kenal sekarang juga merupakan andil dari Panitia Sembilan yang membahas lebih jauh Pancasila yang diusulkan Bung Karno. Kemudian lahirlah Piagam Jakarta pada 22 Juni 1945, yang menjadi asal-usul Pancasila

5. Dahulu bunyi sila pertama versi Panitia Sembilan itu “Ketuhanan dengan Kewajiban Menjalankan Syariat Islam….”. Tapi pada akhirnya diganti menjadi “Ketuhanan yang Maha Esa” karena permintaan wakil masyarakat Indonesia Timur.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.