SpaceX Catat Sejarah Sebagai Perusahaan Swasta Pertama Terbangkan Manusia ke Ruang Angkasa

Roket SpaceX Falcon 9 diluncurkan ke luar angkasa bersama astronot NASA Bob Behnken (kanan) dan Doug Hurley naik roket dari Kennedy Space Center pada 30 Mei 2020 di Cape Canaveral, Florida. (Foto oleh Saul Martinez / Getty Images via techcrunch.com)
Roket SpaceX Falcon 9 diluncurkan ke luar angkasa bersama astronot NASA Bob Behnken (kanan) dan Doug Hurley naik roket dari Kennedy Space Center pada 30 Mei 2020 di Cape Canaveral, Florida. (Foto oleh Saul Martinez / Getty Images via techcrunch.com)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

CAPE CANAVERAL [FLORIDA], SURYAKEPRI.COM – Perusahaan milik milyuner Elon Musk, SpaceX, mencatat sejarah menerbangkan manusia ke ruang angkasa, Sabtu (30/5/2020) 3:22 PM ET  atau Minggu (31/5/2020) pukul 2.22 AM WIB.

Roket Falcon 9 dan pesawat ruang angkasa Dragon Crew lepas landas dari Kennedy Space Center NASA di Cape Canaveral, Florida, menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Ini adalah pertama kalinya perusahaan swasta melakukan peluncuran manusia ke ruang angkasa.

SpaceX bekerja sama dengan NASA, meluncurkan dua astronot NASA, Doug Hurley dan Bob Behnken, menggunakan pesawat ruang angkasa Crew Dragon, didorong roket Falcon 9.

Peluncuran bernama ‘Demo-2’, adalah untuk misi demonstrasi terakhir dalam proses penilaian untuk menerbangkan manusia dari SpaceX’sCrew Dragon dan Falcon 9, yang berarti setelah misi ini selesai, kendaraan peluncuran akhirnya akan disertifikasi untuk penggunaan operasional sebagai alat transportasi reguler manusia ke luar angkasa.

Upaya ini adalah yang kedua kalinya setelah percobaan peluncuran awal Rabu lalu dibatalkan karena kondisi cuaca yang tidak mendukung.

Ini adalah pertama kalinya manusia diterbangkan ke luar angkasa menggunakan kendaraan SpaceX.

Hingga kini, roket Falcon 9 dan Falcon SpaceX telah berhasil mengirimkan beberapa muatan kargo ke orbit, tetapi Behnken dan Hurley menjadi manusia pertama yang melakukan perjalanan dengan perusahaan spaceflight swasta.

SpaceX juga berhasil mendaratkan booster tahap pertama dari Falcon 9 yang digunakan hari ini – yang berarti menjadi booster pesawat ruang angkasa swasta pertama yang pernah mengirim astronot manusia ke luar angkasa.

NASA menciptakan program ruang Kru Komersial untuk mendorong pengembangan kendaraan peluncuran swasta yang juga akan dapat melayani pelanggan komersial di samping agensi, untuk membiayai peluncuran secara keseluruhan.

Baik SpaceX dan Boeing akhirnya mengikuti tender dan memenangi kontrak Kru Komersial, dan kemudian mengembangkan sistem peluncuran manusia.

Dan, akirnya SpaceX menjadi yang pertama mampu menerbangkan manusia menggunakan pesawat ruang angkasa mereka, setelah Boeing menghadapi sejumlah masalah tak terduga dalam penerbangan demonstrasi terakhir.

NASA Tidak Lagi Bergantung pada Roscosmos dan Soyuz Rusia 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.