Friday, April 19, 2024
HomeLainnyaNasionalHari Lahir Pancasila, Megawati Ajak Seluruh Bangsa Indonesia Pupuk Optimisme

Hari Lahir Pancasila, Megawati Ajak Seluruh Bangsa Indonesia Pupuk Optimisme

spot_img

JAKARTA, SURYAKEPRI.COM – Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri dan seluruh keluarga besar PDI Perjuangan mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila yang dirayakan setiap tanggal 1 Juni.

Hari Lahir Pancasilan sebagai peringatan ketika Bung Karno mengucapkan pidato di hadapan sidang BPUPK guna menjawab pertanyaan Dr Radjiman Wedyodiningrat tentang filsafat yang sedalam-dalamnya, pandangan hidup Indonesia Merdeka, dan jiwa bangsa.

“Pancasila pernah ditawarkan sebagai ideologi dunia oleh Bung Karno dalam Pidato di PBB pada tanggal 30 September 1960, To Build The World A New“.

Baca: 10 Fakta Menarik Pancasila: Ide Muncul Saat Bung Karno dalam Pengasingan di Ende

Baca: Hari Lahir Pancasila, Pemikiran dan Pandangan Bung Karno

Baca: Ramalan Zodiak Besok Senin 1 Juni 2020, Capricorn Harus Ekstra Hati-hati

“Pembumian Pancasila untuk dunia adalah perjuangan menciptakan perdamaian dunia, dimana kemerdekaan adalah hak segala bangsa” kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Jakarta, Senin (1/6).

Pancasila sebagai ideologi dunia berbeda, dan bahkan bertentangan dengan kapitalisme-liberalisme; bertentangan juga dengan marxisme-leninisme.

Keduanya mengandung benih-benih imperialisme kolonialisme, sementara Pancasila bercita-cita membangun persaudaraan dunia.

Untuk itulah Konferensi Asia Afrika diselenggarakan di Bandung tahun 1955 dan mampu memberi inspirasi bagi kemerdekaan di lebih dari 28 negara.

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER