Awas, Ada 47 Aplikasi Berbahaya di Play Store, Hapus Sekarang!

Ilustrasi aplikasi berbahaya. (Foto: Avast)
Ilustrasi aplikasi berbahaya. (Foto: Avast)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Jangan asal unduh aplikasi dari Google Play Store, karena di sana juga terdapat sejumlah aplikasi berbahaya yang bisa mencuri data pribadi Anda.

Peneliti keamanan di Avast telah mendeteksi 47 aplikasi di Google Play Store yang mengandung iklan yang mengganggu.

Tak hanya itu, puluhan aplikasi tersebut meminta hak administrator dan juga mengakibatkan ponsel jadi lelet.

Seperti diungkap oleh peneliti Avast, Jakub Vávra , yang diterbitkan pada blog Avast pada 23 Juni 2020, dan dikutip Suryakepri.com, Sabtu (27/6/2020), menyebutkan bahwa puluhan aplikasi berbahaya tersebut telah diunduh lebih dari 15 juta kali dan sebanyak 17 aplikasi masih tersedia di Google Play Store.

Jakub Vávra bekerja dalam tim Threat Ops sebagai Analis Operasi Ancaman dengan fokus pada malware mobile dan desktop . Saat ini dia bekerja sebagai pelacak malware dan adware di Play Store.

Dalam artikelnya  Jakub Vávra menyebutkan bahwa peneliti Avast telah mengidentifikasi HiddenAds dalam setiap aplikasi yang menyamar sebagai game atau aplikasi yang tidak berbahaya di Google Play Store, namun meminta hak administrator perangkat ketika diinstal

HiddenAds merujuk pada keluarga Trojan yang menyamar sebagai aplikasi yang aman dan berguna, tetapi pada kenyataannya hanya untuk menampilkan iklan yang sangat mengganggu pengguna Android.

Setelah diinstal, aplikasi jahat menampilkan iklan yang mengganggu, bahkan ketika aplikasi tersebut sedang tidak dijalankan.

Hal itu mengakibatkan ponsel yang terinfeksi melambat dan menguras baterai lebih cepat dari biasanya.

Avast juga menemukan bahwa beberapa aplikasi bahkan menyembunyikan ikon mereka untuk membuatnya lebih sulit untuk dihapus.

Deteksi awal dilakukan melalui kesamaan dengan kampanye HiddenAds sebelumnya yang juga hadir di Play Store. 

Setelah analisis lebih lanjut dari aplikasi melalui apklab.io , peneliti Avast dapat mengidentifikasi setidaknya 47 aplikasi berhaya.

Aplikasi seperti ini dianggap adware, sejenis malware yang membombardir Anda dengan iklan yang terus mengganggu dan dapat mencuri informasi pribadi Anda, melacak Anda secara online dan lainnya. 

NEXT: Fitur yang harus diperhatikan

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.