Xantomato, Tomat Rekayasa Peneliti Israel yang Bisa Sembuhkan Kebutaan

Strain baru tomat yang dinamai 
Strain baru tomat yang dinamai "Xantomato," yang merupakan kombinasi dari "xanthophyll" dan "tomat." (Foto: huji.ac.il)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

YERUSALEM, SURYAKEPRI.COM  – Peneliti Israel telah mengembangkan jenis tomat baru dan dinamai “Xantomato” yang dapat memerangi penyakit degeneratif parah seperti kebutaan.

Penelitian yang dipimpin oleh Prof. Yossi Hirschberg, seorang ahli genetika, biologi molekuler, dan rekayasa genetika tanaman dari Institute of Life Sciences di Hebrew University of Jerusalem, sukses menciptakan kultivar baru tomat yang kaya akan zeaxanthin.

Zat tersebut dapat menghambat banyak penyakit degeneratif melalui perlindungan reseptor cahaya di retina dari kerusakan yang disebabkan oleh cahaya biru yang kuat.

Zeaxanthin adalah zat pewarna kuning alami (pigmen) yang membantu tanaman dalam proses fotosintesis dan dapat ditemukan terutama pada jagung, paprika jeruk, labu, dan buah jeruk, dan pada konsentrasi yang sangat rendah dalam melon, mangga, aprikot, dan buah persik.

Para peneliti mengatakan menambahkan zeaxanthin ke dalam makanan sehari-hari membantu mengurangi morbiditas penyakit degeneratif, terutama degenerasi makula (AMD) yang menyebabkan kebutaan pada orang dewasa.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.