WHO Akui Bukti Virus Corona Melayang di Udara hingga Puluhan Meter

Pimpinan teknis Covid-19 WHO Maria Van Kerkhove menghadiri konferensi pers di kantor pusat WHO di Jenewa, Jumat. Foto: AFP
Pimpinan teknis Covid-19 WHO Maria Van Kerkhove menghadiri konferensi pers di kantor pusat WHO di Jenewa, Jumat. Foto: AFP
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa (7/7/2020) atau Rabu waktu Indonesia, mengakui bukti yang disodorkan oleh 239 ilmuwan bahwa virus corona dapat menular melalui partikel sangat kecil yang melayang di udara hingga puluhan meter.

Para ilmuwan telah mendesak badan kesehatan PBB itu untuk memperbarui panduannya mengenai langkah-langkah pencegahan penularan virus corona.

WHO menyatakan akan mempublikasikan ringkasan ilmiah yang merangkum status pengetahuan tentang cara penularan virus corona dalam beberapa hari mendatang.

“Kami telah berbicara tentang kemungkinan penularan melalui udara dan penularan aerosol sebagai salah satu cara penularan Covid-19,” Maria Van Kerkhove, pimpinan teknis WHO mengenai pandemi itu, saat melakukan briefing.

WHO sebelumnya mengatakan virus yang menyebabkan penyakit pernapasan Covid-19 menyebar terutama melalui tetesan kecil yang dikeluarkan dari hidung dan mulut orang yang terinfeksi yang dengan cepat jatuh ke tanah.

Tetapi dalam sebuah surat terbuka kepada badan yang bermarkas di Jenewa, yang diterbitkan pada hari Senin dalam jurnal Clinical Infectious Diseases, 239 ilmuwan dari 32 negara menguraikan bukti yang menunjukkan partikel virus melayang di udara dan dapat menginfeksi orang yang menghirupnya.

Karena partikel-partikel yang dihembuskan, yang berukuran lebih kecil, dapat bertahan lama di udara, para ilmuwan dalam kelompok itu mendesak WHO untuk memperbarui panduannya.

“Kami ingin mereka mengakui bukti,” kata Jose Jimenez, seorang ahli kimia di University of Colorado yang ikut menandatangani paper.

“Ini jelas bukan serangan terhadap WHO. Ini adalah debat ilmiah, tetapi kami merasa kami harus membuka kepada publik karena mereka menolak mendengar bukti setelah banyak percakapan dengan mereka,” katanya dalam sebuah wawancara telepon.

NEXT: Ada Bukti Tetapi Tidak Spesifik 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.