Jenderal Bintang 4 Pertama dan Pahlawan Perang Korea Paik Sun-yup Meninggal pada Usia 99 Tahun

Mantan Jenderal Angkatan Darat Korea Selatan Paik Sun-yup yang difoto pada tahun 1953.Pahlawan Korea Selatan dalam perang Korea ini meninggal dalam usia 99 tahun. (Foto: AP via SCMP)
Mantan Jenderal Angkatan Darat Korea Selatan Paik Sun-yup yang difoto pada tahun 1953.Pahlawan Korea Selatan dalam perang Korea ini meninggal dalam usia 99 tahun. (Foto: AP via SCMP)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Pahlawan Korea Selatan dalam perang Korea, Paik Sun-yup,  meninggal dunia pada usia 99 tahun. Dia lahir tahun 1920 di tempat yang sekarang bernama Korea Utara.

Paik adalah pemimpin pasukan yang meraih sejumlah kemenangan dalam perang Korea tahun 1950-1953.

Paik Sun-yup terkenal karena menyelamatkan Park Chung-hee, seorang mayor yang ditangkap, yang kemudian memerintah Korea Selatan sebagai diktator selama hampir 20 tahun setelah kudeta 1961.

Paik lulus dari akademi militer Jepang di Manchuria ketika Semenanjung Korea berada di bawah pemerintahan kolonial Jepang dan merupakan letnan di tentara Jepang selama perang dunia kedua.

Paik, pada awal 1940-an, ikut serta dalam beberapa operasi militer Jepang untuk memerangi kelompok-kelompok gerilya Korea yang berjuang untuk kemerdekaan di timur laut China, sebuah catatan yang dilihat oleh para pengritik sebagai noda besar dalam warisannya.

Paik Sun-yup kembali ke Korea setelah perang dunia kedua, yang juga membebaskan semenanjung dari kekuasaan Jepang, dan bergabung dengan tentara Korea Selatan yang dikuasai AS.

Dia memimpin unit intelijen tentara yang melakukan pembersihan dramatis komunis di dalam militer, yang mengikuti pemberontakan militer 1948 yang dipimpin oleh anggota Partai Buruh Korea Selatan

Selama masa itu, Paik terkenal karena menyelamatkan seorang mayor yang ditangkap bernama Park Chung-hee dari kematian.

Park Chung-hee kemudian menjadi seorang diktator yang memerintah Korea Selatan selama hampir 20 tahun setelah mengambil alih kekuasaan melalui kudeta 1961.

NEXT: Memoar Paik Sun-yup

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.