Paus Francis Mengaku Sedih Museum Hagia Sophia Dijadikan Masjid

Paus Francis. (Foto Catholic News Agency)
Paus Francis. (Foto Catholic News Agency)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

VATIKAN, SURYAKEPRI.COM – Paus Francis mengatakan dirinya “sedih” atas keputusan Pemerintah Turki mengubah kembali Museum Hagia Sophia di Istanbul menjadi masjid.

Berbicara di sebuah kebaktian di Vatikan, pemimpin Katolik Roma itu menambahkan bahwa “pikirannya melayang ke Istanbul”.

Hagia Sophia dibangun sebagai katedral Kristen hampir 1.500 tahun yang lalu dan berubah menjadi masjid setelah penaklukan Konstantinopel (sekarang Istanbul) oleh Ottoman tahun 1453.

Situs Warisan Dunia UNESCO itu dijadikan museum pada tahun 1934 di bawah pendiri Republik Turki, Ataturk, yang sekuler.

Namun awal pekan ini pengadilan Turki membatalkan status museum itu dan mengatakan bahwa penggunaan gedung bersejarah itu, selain sebagai masjid, adalah “tidak mungkin secara hukum”.

Paus Francis membatasi diri pada beberapa kata tentang masalah ini: “Pikiranku pergi ke Istanbul. Saya memikirkan Santa Sophia dan saya sangat sedih.”

Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan kegiatan ibadah umat Muslim pertama akan diadakan di Hagia Sophia pada 24 Juli 2020, atau Jumat pekan depan.

Tak lama setelah pengumuman, panggilan pertama untuk berdoa dibacakan di situs dan disiarkan di semua saluran berita utama Turki. Akun media sosial Hagia Sophia juga telah dihapus.

Kelompok Islamis di Turki telah lama menyerukannya untuk mengubah kembali Hagia Sophia menjadi masjid, tetapi anggota oposisi sekuler menentang langkah itu.

Mempertahankan keputusan itu, Presiden Erdogan menekankan bahwa negara itu telah melaksanakan hak kedaulatannya.

Dia menambahkan bahwa bangunan itu akan tetap terbuka untuk semua Muslim, non-Muslim, dan pengunjung asing.

NEXT: ‘Suara tidak terdengar’

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.