Saturday, April 20, 2024
HomeLainnyaNasionalPeneliti Ungkap Misteri Hobbit Asal Flores, Homo Floresiensis

Peneliti Ungkap Misteri Hobbit Asal Flores, Homo Floresiensis

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Hobbit yang memiliki tubuh mini mengemuka berkat film ‘The Lord of The Rings’ adaptasi novel fiksi karya J.R.R. Tolkien.

Di situ digambarkan tokoh-tokoh hobbit seperti Frodo Baggins juga Sam Gamgee memiliki tubuh pendek, jauh di bawah manusia umumnya. Namun sepertinya keberadaan hobbit bukan sekadar kisah rekaan Tolkien.

Homo Floresiensis punya tubuh mini serupa Hobbit ditemukan di Flores. Temuan kerangka dengan tubuh mini ini terjadi pada 2001 oleh sejumlah pakar antropolog Australia dan Indonesia. Mereka lantas menjuluki kerangka manusia purba ini sebagai hobbit.

Jatmiko, peneliti utama Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang saat itu turut dalam riset berkata satu kerangka yang terbilang utuh ditemukan di kedalaman hampir 6 meter di situs Liang Bua, Flores.

Kerangka ini menarik lantaran bagian kepala cuma sebesar jeruk Bali. Volume otak, lanjut dia, sekitar 125 cc, jauh lebih kecil dari volume otak manusia sebesar 1.300 cc.

Sedangkan setelah dirangkai, tingginya hanya sekitar 100 sentimeter. Terbilang pendek untuk ukuran manusia umumnya sekitar 160-170 centimeter.

“Ya kayak di film The Lord of The Rings, hobbit. Sebenarnya enggak pendek, kerdil tapi proporsional,” kata Jatmiko dalam Bincang Redaksi 11 bersama National Geographic Indonesia, Sabtu (11/7).

Sempat terjadi perdebatan mengenai jenis kelamin kerangka Homo floresiensis yang ditemukan. Namun, akhirnya ditetapkan jenis kelamin perempuan karena tulang panggul yang lebar.

Sehingga, di kemudian hari ada yang menyebutnya ‘Mama Flo’. Temuan ini diperkirakan berusia 25 tahun dan hidup sekitar 100ribu hingga 60ribu tahun lalu.

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER