Menkes Resmi Hapus Istilah ODP, PDP dan OTG dalam Penanganan Covid-19

mENKES Terawan Agus Putranto SAAT SIDAK di Puskemsas Mertoyudan 1, Magelang, Jawa Tengah. (Foto: Kemenkes)
mENKES Terawan Agus Putranto SAAT SIDAK di Puskemsas Mertoyudan 1, Magelang, Jawa Tengah. (Foto: Kemenkes)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

JAKARTA, SURYAKEPRI.COM – Istilah orang tanpa gejala (OTG), orang dalam pemantauan (ODP), dan pasien dalam pengawasan (PDP) dalam kaitan orang yang terinfeksi virus corona SARS-CoV2 (Covid-19) tak digunakan lagi.

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto resmi menghapus istilah orang tanpa gejala (OTG), orang dalam pemantauan (ODP), dan pasien dalam pengawasan (PDP) tersebut melalui keputusan terbarunya.

Perubahan ini tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian virus corona SARS-CoV2 (Covid-19) yang ditandatangani Senin (13/7).

Baca:Peruntungan Shio Macan Tahun 2020, Karir Dapat Kenaikan Gaji, Keuangan Sangat Berkecukupan

Baca:Keuangan 12 Zodiak yang Dapat Untung Besar Hari Ini, 9 Zodiak Bersiap-siap Tersenyum

Baca:Keuangan Shio yang Hoki Hari Ini, Rezeki 5 Shio Ini Naik Drastis

“Pada bagian ini, dijelaskan definisi operasional kasus Covid-19 yaitu Kasus Suspek, kasus Probable, Kasus Konfirmasi, Kontak Erat, Pelaku Perjalanan, Discarded, Selesai Isolasi, dan Kematian.

Untuk Kasus Suspek, Kasus Probable, Kasus Konfirmasi, Kontak Erat, istilah yang digunakan pada pedoman sebelumnya adalah Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Tanpa Gejala (OTG),” demikian bunyi pernyataan surat itu di Bab III Surveillans Epidemiologi dalam salinan surat yang diterima, Selasa (14/7).

Berikut penjelasan definisi kasus suspek, kasus probable, kasus konfirmasi, kontak Erat, pelaku perjalanan, discarded, selesai isolasi, dan kematian:

1. Kasus Suspek

Seseorang yang memiliki salah satu dari kriteria berikut:

a. Orang dengan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah Indonesia yang melaporkan transmisi lokal.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.