Hari Raya Idul Adha, Ini Syarat Hewan yang Sah Dijadikan Kurban

Ilustrasi. Manajemen Puri Khayangan Batam Centre melakukan penyembelihan hewan kurban di area proyek, tepatnya di Jalan Raja Ali Kelana, Kelurahan Belian, Batam Kota, Kota Batam, Minggu (11/08/2019).(ist)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Salah satu perkara yang dianjurkan bagi umat Islam ialah berkurban pada Hari Raya Idhul Adha.

Berkurban menjadi salah satu sunah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad. Hal tersebut sebagaimana termaktub dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Ibnu Majah.

“Siapa yang memiliki kemampuan untuk berkurban, tetapi ia tidak mau berkurban, maka sesekali janganlah ia mendekati tempat salat kami,” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Layaknya amalan lain, berkurban juga memiliki tata cara tersendiri. Termasuk tata cara dalam memilih hewan yang akan dikurbankan. Pasalnya, tidak semua hewan bisa masuk kriteria untuk dikurbankan.

Berikut jenis dan kriteria hewan yang bisa dikurbankan.

1. Domba (dha’an)

Domba merupakan salah satu hewan yang diperbolehkan untuk dijadikan kurban. Namun, syarat domba yang akan dikurbankan ialah minimal harus berumur satu tahun lebih, atau sudah berganti giginya.

Hal ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan Ibn Majah.

Rasulullah bersabda, “Sembelilhlah domba yang jadza’ (sudah berganti gigi), karena itu diperbolehkan.” (Hadits Shahih, riwayat Ibn Majah: 3130 dan Ahmad: 25826).

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.