4 Fakta Menarik Penangkapan Kapal Nelayan Vietnam di Natuna, Terlihat Nelayan RI hingga TNI Janji Melindungi

Nakhoda dan ABK dua kapal pencuri ikan berbendera Vietnam saat diamankan TNI AL (Suryakepri.com/Dok Dispen Lantamal IV)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

NATUNA, SURYAKEPRI.COM – TNI Angkatan Laut (AL) menangkap Kapal Ikan Asing (KIA) saat melakukan pencurian ikan di perairan Indonesia.

Dua unit kapal ikan berbendera Vietnam itu ditangkap di perairan Pulau Laut sekitar 20 Nautical Mile (NM) Utara Pulau Sekatung, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (17/7/2020).

Menyikapi masih maraknya terjadi pencurian ikan dan adanya konflik di Laut Natuna Utara, Asintel Guspurla Koarmada I, Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo mengimbau agar nelayan Indonesia terutama nelayan Natuna untuk tidak takut atau khawatir dalam aktivitas menangkap ikan.

Berikut fakta-fakta menarik dari penangkapan kapal nelayan asing yang mencuri ikan di perairan Natuna, Indonesia:

1. Berawal dari Operasi Rutin

Penangkapan dua unit KIA berbendera Vietnam dengan nomor lambung BV 0274 TS dan BV. 0887 TS ini dilakukan oleh KRI Yos Sudarso 353 dalam operasi rutin pengamanan Laut Natuna Utara.

Komandan Gugus Tempur Laut Komando Armada I (Danguspurla Koarmada I) Laksamana Pertama TNI Didong Rio Duta melalui Asintel Guspurla Koarmada I Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo menyampaikan, penangkapan dilakukan setelah keberadaan kapal terdeteksi oleh radar KRI Yos Sudarso dan posisi kedua KIA tersebut diketahui sangat dekat dengan Pulau Laut.

“Posisi kapal itu sangat dekat dengan Pulau Laut, sehingga sebenarnya terlihat sangat nyata oleh nelayan kita yang sedang melaut,” kata Asintel Guspurla Sabtu (18/7/2020).

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.