Era New Normal, Kadisnaker Sebut Sektor Industri Batam Mulai Bergeliat

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Kadisnaker) Kota Batam, Rudi Sakyakirti menuturkan bahwa saat ini sudah ada perusahaan yang terpaksa merumahkan karyawannya.(suryakepri.com/nando)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Kadisnaker) Kota Batam, Rudi Sakyakirti menyebutkan bahwa saat ini beberapa sektor industri perlahan-lahan menormalkan kembali sistem bekerja di perusahaan masing-masing.

Hal ini dilontarkannya, berdasarkan laporan yang diterima nya bahwa industri di Batam khususnya sektor manufaktur memang berangsur kembali normal.

“Dari laporan yang masuk sudag ada beberapa perusahaan yang mulai mengaktifkan kembali over time bagi karyawan. Dan hal ini merupakan perubahan yang positif bagi iklim industri,” jelasnya, Senin (20/7/2020).

Perusahaan diakuinya tidak saja menambah jam kerja, tapi beberapa diantaranya sudah mulai juga kembali merekrut karyawan untuk memenuhi target pesanan dari Eropa, Jepang dan negara lainnya.

Namun kendati demikian pihaknya terus mengingatkan agar perusahaan tetap melaksanakan protokol kesehatan sebagaimana imbauan Pemko Batam.

“Sudah beberapa bulan ini perusahaan buka terus. Ini membuktikan pesanan kembali lancar pasca tersendat beberapa bulan sejak Covid-19,” paparnya.

Mengenai dampak resesi terhadap sektor industri dan tenaga kerja, Rudi menyebutkan hingga saat ini tidak ada berpengaruh.

Untuk produksi barang yang ada di Batam tidak dikirim untuk perusahaan yang ada di Singapura.

“Barang yang diproduksi hanya dipasarkan melalui Singapura, sehingga tidak berdampak terhadap pesanan barang yang diproduksi di Batam,” kata Rudi.(*)

Penulis: Fernando | Editor: Ucu Rahman

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.