Jadi Pedoman Hidup, Ini Makna Rukun Iman dan Rukun Islam yang Wajib Diketahui

Ilustrasi. Berdoa..(ist)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM –  Makna rukun Iman dan rukun Islam wajib diketahui oleh seluruh orang Muslim di seluruh dunia. Di dalam ajaran agama Islam, rukun Iman dan rukun Islam merupakan ‘pilar’ penting yang dijadikan sebagai pedoman hidup.

Iman menurut bahasa artinya membenarkan, dan Iman menurut syariat Islam bermaksud mengakui dengan lisan, membenarkan dengan hati, dan mengamalkannya dengan perbuatan. Sedangkan rukun Islam merupakan pilar yang mencirikan seorang muslim. Rukun Islam inilah yang menjadi pedoman umum seorang muslim dalam beribadah kepada Allah SWT.

Dengan kata lain, rukun Islam merupakan perbuatan atau amalan yang berbentuk fisik, sedangkan rukun Iman adalah amalan yang bersifat batiniah atau keyakinan yang ada di dalam hati.

Lantas, apa sajakah makna rukun Iman dan rukun Islam? Berikut informasi selengkapnya dirangkum dari brilio.net dan berbagai sumber:

Rukun Iman

Rukun Iman sendiri terdiri dari 6, yakni:

  1. Iman kepada Allah SWT
  2. Iman kepada para Malaikat
  3. Iman kepada kitab-kitab Allah SWT
  4. Iman kepada Nabi dan Rasul
  5. Iman kepada hari akhir (kiamat)
  6. Iman kepada Qada dan Qadar

Makna Iman kepada Allah SWT

Makna dari rukun Iman yang pertama, yakni kita meyakini bahwa tiada Tuhan lain yang layak disembah selain ALLAH SWT. Rukun Iman yang pertama ini berarti, kita harus meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah yang menciptakan seluruh makhluk yang ada di langit, bumi, dan seluruh alam semesta.

Kita bisa meyakini sifat-sifat Allah yang tercantum dalam Al-Qur’an (Asmaul Husna) dan hanya kepada Allah lah kita memohon perlindungan dan pertolongan dengan berdzikir, bersujud dan berdoa.

Meyakini atau Iman kepada Allah juga bisa diwujudkan dari amal perbuatan baik dengan melaksanakan semua perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.