Friday, March 29, 2024
HomeTips7 Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol

7 Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol

spot_img

Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga dikenal sebagai penurun kolesterol alami. Meski mengandung lemak, lemak pada minyak zaitun merupakan lemak tak jenuh tunggal dan bisa menurunkan kadar LDL dalam darah dan menaikkan kadar HDL.

Sisipkan minyak zaitun dalam menu santapan sebagai dressing salad atau minyak untuk menumis. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun pun berfungsi sebagai penangkal radikal bebas sehingga melindungi sel-sel tubuh.

Dark Chocolate

Setelah menikmati makanan serba asin, saatnya menyantap pencuci mulut. Agar kolesterol turun, sebaiknya pilih cokelat hitam atau dark chocolate sebagai makanan penutup. Mungkin ini terdengar aneh tetapi penelitian ilmiah tampaknya bakal membuat Anda lebih yakin.

Satu studi meneliti orang dewasa yang minum minuman kakao dua kali sehari dalam sebulan. Periset menemukan partisipan mengalami penurunan kolesterol jahat sebesar 6,5 mg/dl, tekanan darah menurun dan ada kenaikan kadar kolesterol baik.

Sebagai catatan, cek lagi label kemasan cokelat karena kadang ada gula tambahan yang justru bakal menimbulkan masalah. Pilih dark chocolate dengan kandungan kakao sekitar 75-85 persen.

Teh

Tidak harus teh hijau, Anda bisa memerangi kolesterol dengan minum teh hitam atau teh putih. Semuanya menawarkan komponen yang memberikan manfaat kesehatan.

Apa saja?

Ada dua komponen utama pada teh yang bermanfaat yakni, katekin (catechin) dan kuersetin (quercetin). Katekin membantu mengaktifkan oksida nitrat yang penting untuk menyehatkan tekanan darah. Komponen ini juga menghambat sintesis dan penyerapan kolesterol dan membantu mencegah pembekuan darah.

Sedangkan kuersetin mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan inflamasi.

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER