Sukses Sang Manajer Debutan, Ini Kata Mikel Arteta Usai Arsenal Juara Piala FA

Manajer Arsenal Mikel Arteta. (Foto: thefa.com)
Manajer Arsenal Mikel Arteta. (Foto: thefa.com)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Mikel Arteta berlari ke tengah lapangan di Stadion Wembley. Wajahnya dipenuhi senyum selebar Sungai Thames!

Sang manajer debutan baru saja membawa Arsenal menjuarai FA Cup 2019/2020.

Meski tidak menangani The Gunners sejak awal musim, tetapi Arteta tetap dianggap sebagai manajer debutan tersukses, melebihi dua debutan lainnya; Frank Lampard dan Ole Gunnar Solskjaer.

Striker dan Kapten The Gunners, Pierre-Emerick Aubameyang, mencetak kedua gol kemenangan (2-1) melalui penalti di babak pertama dan menggandakan di babak kedua. Satu gol Chelsea dicetak Christian Pulisic pada menit ke-5 babak pertama.

Frank Lampard terpaku. Betapa berbedanya ketika Christian Pulisic mencetak gol pembuka yang luar biasa.

Tetapi, adalah adil untuk mengatakan bahwa Arsenal adalah tim yang lebih baik dalam momen-momen penting. Chelsea tidak beruntung hari ini, baik oleh dengan keputusan maupun cedera para pemainnya.

Lanntas, apa kata Arteta usai menjuarai kompetisi tertua di Inggris itu?

Eks asisten manajer pep Guardiola di Manchester City itu mengatakan, “Itu adalah awal yang sulit. Terkadang Anda bisa menurun. Tetapi jika ada sesuatu yang saya ketahui tentang tim ini, itu adalah bahwa mereka tidak akan menyerah.”

“Mereka langsung bereaksi dan memainkan 30 menit terbaik sejak saya tiba [sebagai manajer Arsenal],” ujar Arteta.

“Kami membangkitkan keyakinan. Semua orang bekerja sangat keras, dan saya sangat bangga mewakili klub ini,” imbuh mantan pemain Arsenal dan Everton itu.

“Sangat penting bagi klub ini untuk hadir di [kompetisi] Eropa, dan memenangkan kompetisi ini adalah bagian dari sejarah kami.”

Arteta mengisyaratkan untuk mempertahankan Aubameyang dari kejaran tim manapun. Bahkan Chelsea berada dalam barisan yang disebut-sebut ingin membawa sang pemain ke Stamford Bridge.

“Saya ingin membangun skuad di sekitar Aubameyang, saya pikir dia ingin tetap, tetapi ini tentang menyelesaikan kesepakatan. Kami berada di jalan yang benar dan dia adalah bagian besar dari itu,” tegas manajer asal Spanyol itu.

Dengan trofi FA Cup, Arsenal berhak lolos langsung ke Liga Eropa musim 2020/2021.

Ini juga mengubah perwakilan Inggris di Liga Eropa, dimana Wolverhampton Wanderers tersingkir. Wolves bisa tampil di Eropa musim depan (Liga Champions) jika menjuarai Liga Eropa 2019/2020.

Sementara Tottenham Hotspur harus melalui jalur kualifikasi sebelum masuk babak grup Liga Eropa 2020/2021. (*)

Penulis/Editor: Eddy Mesakh | Sumber: Guardian

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.